Loading

Henhen Hendrawan, Subsidi BBM Harus Tepat Sasaran


Penulis: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 521 kali


Henhen Hendrawan

BANDUNG, Medikomonline – Kordinator Wilayah JABAR dan BANTEN Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia, Henhen Hendrawan berpendapat wacana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) harus tepat sasaran.

Menurutnya pemerintah seharusnya mampu menciptakan regulasi yang sesuai dengan tujuan awal adanya subsidi. Jangan sampai subsidi BBM ini malah banyak dinikmati oleh orang-orang kaya seperti sekarang ini.

Dalam data yang ada Pemerintah menggelontorkan anggaran subsidi hingga Rp502,4 triliun untuk membantu masyarakat miskin atau tidak mampu, tapi faktanya kelompok tersebut hanya menikmati sedikit, dan apabila wacana kenaikan harga BBM terealisai akan berdampak buruk bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Ia menambahkan pemerintah harus mengembalikan aturan yang diatur dalam Perpres Nomor 191 Tahun 2014 tentang Pengaturan bagaimana Tatacara Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Eceran BBM di Indonesia, termasuk mengatur jenis kendaraan apa saja yang dapat dan boleh menggunakan BBM. Sesuai dengan Perpres No 191 Tahun 2014.

Lebih lanjut, Pemerintah harus tegas dan melakukan pengawasan terhadap SPBU yang melayani kendaraan mewah roda empat yang mengisi BBM bersubsidi. Selain itu pemerintah harus memberikan eduksi lebih untuk penghematan BBM di masyarakat.

Tag : No Tag

Berita Terkait