Loading

Festival Inovasi OMS Sumedang Wujud Kolaborasi Masyarakat dengan Pemerintah


Penulis: Nanang
9 Bulan lalu, Dibaca : 284 kali


Organisasi masyarakat sipil (OMS) bekerja sama dengan Forum Insun Madani dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang mengadakan Kegiatan Festival Inovasi OMS (FIO) Sumedang.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Organisasi masyarakat sipil (OMS) bekerja sama dengan Forum Insun Madani dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang mengadakan Kegiatan Festival Inovasi OMS (FIO) Sumedang.

Dengan mengusung tema "Beragam warna, beragam Tarian beragam Aksi", FIO Sumedang yang digelar di Alun alun Sumedang, Sabtu (22/7/2023), berlangsung meriah.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain Saresehan Ormas, Lomba Mewarnai, Bazar UMKM, Senam Sehat, Fashion Show, pembagian paket Sembako untuk penyandang disabilitas dan kegiatan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyebutkan, Festival Inovasi OMS Sumedang adalah upaya mengabarkan secara luas tentang apa yang sedang dan yang akan dilakukan dalam pengembangan Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, pemerintah di era Government 4.0 posisinya sebagai kolabolator dan masyarakat sebagai co-creator. Oleh karena itu, pemerintah bekepentingan atas tumbuh kembangnya OMS karena menjadi salah satu pilar pembangunan.

"Bapak Ibu merupakan bagian dari Community dalam pentahelix atau lima pilar pembangunan. Kalau lima pilar ini sinergi, kolaborasi dan kerja keras, maka harapan masyarakat sejahtera bisa cepat tercapai," ujarnya.

Tidak hanya itu, Bupati Dony menyebutkan, peran organisasi masyarakat sipil dalam pembangunan sangat besar sehingga perlu terus difasilitasi

"Melalui kegiatan ini, pemerintah membuka secara luas partisipasi masyarakat dalam pembanguan daerah," ujarnya

Masih kata bupati, spektrum pembangunan sangatlah luas dan tidak lagi hanya dilakukan oleh pemerintah, tapi membutuhkan dukungan dari masyarakatmelalui kolaborasi.

“Semoga kegiatan ini melahirkan gagasan, ide dalam bentuk konsep berupa isu yang sedang berkembang, serta muncul OMS lokal yang terlembaga dengan baik,” tutupnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait