Loading

Petani Wilayah Bojongmangu Sumringah Varietas Padi Inpago 13 Portiez Cocok di Tanam di Daerah Tadah Hujan


Agus/Manah
1 Bulan lalu, Dibaca : 141 kali


AGUS/MANAH/MEDIKOMONLINE.COM Foto : saat panen padi varietas Inpago 13 Portiez.

BOJONGMANGU, Medikomonline.com - Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi memberikan bantuan benih padi Inpago 13 Portiez kepada petani khususnya di wilayah Kecamatan Bojongmangu yang daerah persawahannya tadah hujan. Selain memberikan benih padi, Dinas Pertanian pun melalui bidang tanaman pangan telah menyarankan kepada pihak ketiga agar membeli hasil panen Inpago 13 Portiez dari para petani di wilayah Bojongmangu untuk dijadikan benih lagi, sebab Varietas Padi Inpago 13 Portiez sangat cocok bagi petani di wilayah Kecamatan Bojongmangu, karena sudah terbukti hasil panennya mencapai 6 Ton per hektar. Hal itu dikatakan langsung oleh Petugas Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Bojongmangu Ubuh kepada awak media, pada Jum'at (15/03/2024)

Menurut Ubuh, dengan adanya varietas padi Inpago 13 Portiez, petani di wilayah kecamatan bojongmangu dapat menanamnya. Sebab Varietas padi Inpago tersebut sangat cocok ditanam di wilayah Kecamatan Bojongmangu yang daerahnya tadah hujan dan PH tanahnya asam di bawah 5.

Memang Dua tahun kebelakang para petani Bojongmangu menggunakan varietas padi Inpari 32, Ciherang dan Baligo. Yang hasil panennya 4 sampai 5 ton per hektar.

"Alhamdulillah Varietas padi Inpago 13 Portiez ini selain hasil panennya mencapai 6 Ton per hektar, juga tahan hama pengganggu, dengan bantuan dinas pertanian para petani pun jadi memiliki kemitraan dengan pihak ketiga, yang nanti hasil panennya langsung dibeli oleh pihak ketiga tersebut," paparnya.

Lanjut dia, dengan keunggulan dari Inpago 13 Portiez, saat ini banyak petani khususnya di wilayah desa Karangmulya yang beralih ke varietas padi Inpago 13 Portiez.

"Saya apresiasi Dinas Pertanian dan pihak ketiga yang telah membantu petani di wilayah kecamatan bojongmangu, hingga dapat meningkatkan hasil produksi padinya dengan Inpago 13 Portiez," terangnya.

Salah seorang Petani dari Desa Karangmulya Aboh, ia dan rekan-rekan Petani lainnya merasa senang dan bahagia karena hasil panen padinya terus meningkat. Tentunya ini atas bantuan dari Dinas Pertanian, PPL dan kemitraan dari pihak ketiga yang telah memberikan solusi dalam menanam padi.

"Sebab apa, di daerah bojongmangu ini kan sudah terkenal dengan persawahannya yang tadah hujan, dan ph nya pun mencapai 5. Dengan adanya varietas padi yang unggul tahan terhadap serangan hama, apalagi hasil panennya mencapai 6 Ton per hektar, ini merupakan langkah awal yang baik bagi para petani khususnya di daerah tadah hujan," tutupnya. (Agus/Manah)

Tag : No Tag

Berita Terkait