Loading

Dorong Optimalisasi Pembelajaran, Sumedang Kembangkan Perpustakaan Digital


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 956 kali


Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman

SUMEDANG, Medikomonline.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang terus mendorong percepatan transformasi digital  di Dinas Pendidikan. Salah satunya dengan mengembangkan Perpustakaan Digital (Digital Library).

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman usai menghadiri Sosialisasi Pencanangan dan Pelaksanaan Perpustakaan Digital, di Aula Tampomas, Jum’at  (16/4/2021).

Sekda menuturkan, pengembangan perpustakaan digital tidak hanya memuat referensi e-book, tetapi juga akan diisi dengan berbagai konten lokal.

Konten lokal tersebut, kata sekda, bisa berupa  video, podcast, deskripsi, audio, story telling yang kemudian akan menjadi  konten perpustakan digital.

“Perpustakaan digital tidak selalu mengakses e-book yang terkoneksi dengan perpusnas, tetapi bisa membuat video, podcast, deskripsi, audio, story telling yang kemudian menjadi  konten perpustakaan digital,” ujarnya.

Dikatakan Sekda, dalam situasi pandemic Covid-19 sekarang ini, perpustakaan digital menjadi suatu yang sangat mendesak apalagi minat baca di Indonesia masih sangat rendah.

Pengembangan perpustakaan digital di Kabupaten Sumedang , kata Sekda, akan dimulai di tingkat SMP dan saat ini sudah ada 29 SMP yang mulai menerapkan perpustakaan digital.

“Kita mulai dari SMP, kalau akan lancar kita dorong di tingkat SD termasuk SMA sehingga Sumedang bisa yang terdepan dalam transformasi digital di bidang pendidikan,” pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait