Loading

PT KAI Daop II Bandung Gelar Bakti Sosial di Stasiun Cibatu - Garut


Reporter: A Rohman
7 Bulan lalu, Dibaca : 197 kali


Kepala Humas Daop II Bandung Mahendro

GARUT, medikomonline.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) II Bandung pada hari ini, Senin 18 September 2023 adakan kegiatan bakti sosial di stasiun Cibatu Kabupaten Garut.

Kegiatan bakti sosial tersebut berupa pengobatan gratis, pembagian kaca mata gratis, penyuluhan kesehatan dan sosialisasi aturan perkeretaapian, pembagian sejumlah bantuan lainnya.

Gelar Bakti Sosial PT. KAI ini, walau sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19 yang lalu, saat ini digelar kembali di atas kereta yang didesain khusus. Bakti sosial tersebut lebih diperuntukkan khusus bagi masyarakat yang berdomisili di sekitar stasiun Cibatu yang mendapat pelayanan pengobatan gratis dan beberapa anak sekolah dasar mendapat kacamata khusus.

Hadir di acara tersebut, Korwil UPT Disdik Cibatu, Kepala Puskesmas Cibatu, Camat Cibatu, Danramil 1105 Cibatu, Polsek Cibatu, Bhabinkamtibmas Desa Cibatu (Ujang) Kepala Puskesmas Cibatu, Kepala Desa Cibatu dan Keresek, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat, juga para tamu undangan lainnya.

Dalam pembukaan tersebut para tamu undangan dan masyarakat yang mendapat Pengobatan Gratis dalam bakti sosial warga sekitar Stasiun Cibatu disuguhkan hiburan Seni Tari Jaipongan Lingkung Seni Sinar Jaya Pusaka dari Kampung Pasir Goong RW 11 Desa Cibatu Kecamatan Cibatu - Garut.

Manager Humas PT KAI Daop II Bandung, Mahendro saat diwawancara awak media  mengatakan, selain Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis dengan membagikan kupon kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar Stasiun Cibatu dengan jumlah quota 300 orang, juga ditambah pembagian kacamata khusus untuk 15 anak usia sekolah dasar yang ada di sekitaran stasiun Cibatu.

“28 tenaga medis, terdiri dari dokter umum, spesialis, apoteker, dan ahli mata, diterjunkan dalam kegiatan ini. Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial lingkungan kami, terhadap masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerja kami,” jelas Humas PT. KAI Daop II Bandung Mahendro.

Dikatakan selain tempatnya di Stasiun Cibatu juga memberikan pelayanan kesehatan gratis yang dilakukan di atas kereta api yang didesain khusus untuk pelayanan kesehatan gratis juga ada Perpusnya.

“Acara bakti sosial pengobatan gratis ini, digelar sekaligus bertepatan dengan nanti ulang tahun PT. KIA dan yang pertama kali dilakukan setelah pandemi Covid-19, dan kegiatan ini rutin dilakukan, tidak hanya di Daop II, bahkan di seluruh wilayah kereta api lain," jelasnya lagi.

Kegiatan bakti sosial pengobatan gratis ini, merupakan kerjasama antara PT. KAI Daop II Bandung dengan Pemerintah Kabupaten Garut, Pemerintah Kecamatan Cibatu dan PT. Jasaraharja yang dilaksanakan dalam setahun bisa dua kali sampai empat kali. Untuk kali ini yang mendapatkan kehormatan dalam kegiatan Bakti sosial Kesehatan Gratis, adalah Stasiun Cibatu. “Nanti next ke Daop yang lainnya," tambah Mahendro.

Bhabin Polsuska Daop II Bandung, Bripka Sobari Juliana dari Polda yang didampingi Aiptu Ujang Furqon bhabinkamtibmas desa Cibatu, menyampaikan, sebagai Bhabin Polsuska Daop II Bandung yang bertugas dalam hal pengamanan meliputi Purwakarta sampai Banjar.

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut, PT. KAI memiliki kereta api yang didesain khusus, selain ada perpustakaan, juga ada klinik kereta. Tentunya kegiatan tersebut berkeliling bukan hanya di Daop II Bandung saja. (Abdulrochman)


Tag : No Tag

Berita Terkait