Loading

Panwaslu Kecamatan Bojongmangu Bimtek 85 Pengawas TPS Pemilu 2024


Agus
15 Hari lalu, Dibaca : 74 kali


AGUS/MANAH/MEDIKOMONLINE.COM Foto : kegiatan Bimtek 85 Pengawas TPS yang digelar oleh Panwaslu Kecamatan Bojongmangu

BOJONGMANGU, Medikomonline.com - Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Bojongmangu mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang kedua terhadap 85 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se Kecamatan Bojongmangu. Yang dilaksanakan di Gedung Bumi Perkemahan Pramuka Karang Kitri Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu, pada Senin (5/02/2024).

Ketua Panwaslu Kecamatan Bojongmangu Sholahudin mengatakan, selain mengikuti Bimtek, dirinya pun mengingatkan kepada Pengawas TPS untuk di Skrining kesehatannya. 

"Untuk yang belum Skrining Kesehatan agar segera diskrining, ikuti jadwal selanjutnya di desa mana. Dari sekarang kan min sembilan ke pelaksanaan pemilu, jadi jangan sampai pas pelaksanaan pemilu dalam kondisi sakit," katanya kepada awak media, pada Senin (5/02/2024). 

Katanya lagi, sebab nanti Pengawas TPS pun akan mulai bertugas atau bekerja seperti pengawasan saat pendistribusian Logistik, pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara, saat itulah kondisinya harus benar-benar fit dan sehat.

"Nanti pada saat pemungutan dan penghitungan suara, itu kan harus di ikuti sampai tuntas, bisa saja nanti kurang tidur, kemudian lelah dan cape, kondisi badan bisa ngedrop. Maka ikuti skrining kesehatan, agar nantinya dapat terdeteksi secara dini penyakitnya, dan pihak Puskesmas bisa melakukan pengobatan dan pencegahan," terangnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Akbar Khadafi menegaskan, hari ini pelaksanaan Bimtek yang kedua di kecamatan bojongmangu terhadap Pengawas TPS. Dan Bawaslu Kabupaten bersama Kecamatan memang fokus untuk pemahaman regulasi terhadap Pengawas TPS, agar kemudian dalam proses pengawasan dan penghitungan kepada tahapan pemungutan dan penghitungan suara berjalan sesuai dengan tata cara prosedur. 

"Karena ini yang mestinya dan harus dipahami berkaitan dengan tata cara dan prosedur di TPS nantinya," ucapnya.

Selain itu PTPS, yang berkaitan dengan soal skrining kesehatan itu menjadi penting, yang dilakukan oleh BPJS kesehatan. Setahu dirinya memang Bawaslu pun diminta untuk mengikuti skrining kesehatan, melalui surat sekjen bawaslu RI, karena ini menjadi mitigasi, sebagai langkah-langkah pencegahan. 

"Agar tidak terjadi persoalan kesehatan pada saat hari pemungutan dan penghitungan suara nanti bagi teman-teman Pengawas TPS," tutupnya.

Kegiatan Bimtek Pengawas TPS Se Kecamatan Bojongmangu dihadiri oleh Ketua Panwaslu Kecamatan beserta jajarannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Kasi Trantib Perwakilan Kecamatan Bojongmangu, Ketua PPK Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD). (Agus/Manah)

Tag : No Tag

Berita Terkait