Loading

PWI Kota Depok Tantang Paslon Debat Terbuka dengan Wartawan


Penulis: Lucia
13 Hari lalu, Dibaca : 91 kali


Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok.

DEPOK, Medikomonline.comPersatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok mengajak pasangan calon (Paslon) Wali Kota-Wakil Wali Kota Depok untuk debat terbuka dengan wartawan.

Tantangan atau ajakan tersebut diutarakan Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah di Kantor PWI Kota Depok, Senin (02/09/2024).

"Dengan debat terbuka dengan wartawan, tentunya akan dapat tersebar informasi mengenai visi misi dua Paslon," ujar Rusdy.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 akan berlangsung pada 27 November 2024. Saat ini akan segera memasuki penetapan Paslon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Di Kota Depok, cuma ada 2 Paslon yang akan bertarung memperebutkan kursi nomor satu. Kedua Paslon tersebut yakni:

1. Imam Budi Hartono-Ririn Farabi (Imam-Ririn) yang diusung PKS dan Golkar.

2. Supian Suri-Chandra Rahmansyah (SS-CR) yang diusung 12 partai politik (Parpol) yakni Gerindra, PDIP, PKB, Demokrat, PAN, PPP, Nasdem, PSI, Gelora, Partai Buruh, Perindo dan Partai Ummat.

"Selain itu, tentunya dengan debat Paslon, masyarakat melalui wartawan akan dapat mengenal sosok kedua Paslon," terang Rusdy.

Menurut Rusdy, wartawan itu merupakan garda terdepan penyampaian informasi ke masyakarat yang dapat dipercaya.

"Kedua Paslon perlu di promosikan ke masyarakat sosok pemimpin yang mempunyai kompetensi dan kapasitas. Saya pikir ini momentum yang dapat dimanfaatkan oleh kedua Paslon," jelasnya.

Lanjut Rusdy, momentum pesta demokrasi juga harus dimanfaatkan sebagai pesta bersama rakyat. Jadi diharapkan juga dapat meningkatkan partisipasi pemilihan.

"Manfaatkan ajak debat dengan wartawan sebagai salah ajang pesta demokrasi yang menyenangkan, berbeda pendapat, berbeda pilihan itu hal yang biasa, semuanya saya yakin peduli untuk kebaikan dan kemajuan Kota Depok," tuturnya.

PWI Kota Depok dan IJTI Depok bersama Pemkot Depok, KPU Kota Depok, Bawaslu Kota Depok, Polrestro Depok dan TNI Depok sepakat untuk mensukseskan Pilkada Depok. 

"Tagline Pilkada PWI Kota Depok, Pilkada Sukses, Menyenangkan, Mencerdaskan dan Menyala," tegas Rusdy. 

Perlu diketahui, PWI dan IJTI Kota Depok telah menggelar Forum Discussion Group (FGD) bertema membahas tema Optimalisasi Peran Jurnalis dalam Sosialisasi, Edukasi, dan Literasi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kota Depok di Hotel Bumi Wiyata Depok, Senin (26/08/2024).

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memang mengupayakan penyuksesan ajang Pilkada Serentak 2024 melalui pelibatan organisasi profesi wartawan konstituen Dewan Pers.

Di antara empat organisasi profesi wartawan di bawah naungan Dewan Pers, dua di antaranya memiliki cabang di Kota Depok, yakni PWI dan IJTI.

"Sosialisasi berbagai aspek penyuksesan Pilkada 2024 di Kota Depok telah dijalankan oleh Pemkot dan KPU. Namun, tak sedikit celah yang belum dijangkau. Celah ini hanya dapat ditutupi melalui pemberitaan yang tepat, komprehensif, serta masif. Jadi peran wartawan sangatlah penting Pilkada berlangsung sukses," papar Rusdy. (Lucia)

Tag : No Tag

Berita Terkait