Loading

Masyarakat Desa Sindangsari Sambut Hari Kirida Pertanian


Penulis: Mala/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1032 kali


Lomba tumpeng menjadi salah satu perlombaan dalam Ruatan Bumi yang digelar masyarakat Desa Sindangsari, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang. (Foto: Mala)

SUBANG, Medikomonline.com - Dalam menyambut musim tanam tiba, masyarakat menggelar acara Ruatan Bumi yang memang merupakan tradisi dari jaman dulu. Seperti halnya masyarakat Desa Sindangsari, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang menggelar acara Ruatan Bumi Sabtu, (2/11/2019)  untuk menyambut musim tanam tiba. Masyarakat sangat antusias merespons acara ruatan ini.

 

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Camat Cikaum, Anggota DPRD Kabupaten Subang, Fraksi PDIP, Babinsa, Kapolsek,  aparatur desa, BPD, tokoh masyarakat.

 

Ruatan Bumi ini diikuti oleh 7 dusun dan 27 RT dengan berbagai macam kesenian. Setiap dusun mengirimkan mobil hias dongdang sambil mengarak keliling kampung.

 

Acara malam harinya pagelaran wayang golek oleh Dahlan Sumitra. Selain itu diadakan juga berbagai macam perlombaan, lomba mobil hias, tumpeng, seni budaya tutunggulan dan lain-lain.

 

Kepala Desa Sindangsari Saepudin mengungkapkan, Ruatan Bumi disebut juga Hari Krida Pertanian, merupakan tradisi budaya dari jaman dulu. “Jangan sampai kita tinggalkan dan harus dilestarikan," tandasnya.

 

"Tujuan ruatan ini untuk mempererat tali silsaturahmi dengan masyarakat, karena dengan bersama kita akan kuat," tandas Saepudin kepada Medikom.

 

Sekretaris Camat Cikaum mengatakan, " Ruatan Bumi bertujuan, pertama, untuk rasa syukur kepada allah SWT atas hasil panen. Kedua, membina melestarikan kebudayaan adat istiadat. Ketiga, meningkatkan tali silaturahmi antarsesama warga dalam sebuah kekompakan dalam kegiatan pertanian." 

Tag : No Tag

Berita Terkait