Loading

Tim Monev Kecamatan Sukawangi Sambangi Desa Sukadaya


Penulis: Ayu/ManahSudarsih/Editor: Dadan Supardan
14 Hari lalu, Dibaca : 38 kali


Tim Monev saat memonitor langsung di Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi yang didampingi Kades Sukadaya. (AYU MULYANAH/MEDIKOMONLINE.COM)

SUKAWANGI, Medikomonline – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi, menyambangi Desa Sukadaya untuk memonitor pembangunan fisik yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD APBD), Dana Desa (DD Pusat) dan Anggaran dari Bantuan Provinsi Jawa Barat (Banprov), Rabu (11/11/2020). Tim tersebut melakukan peninjauan secara langsung hasil pembangunannya, sebagai upaya untuk pembinaan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa (Pemdes). 

Kasi Tata Pemerintahan sebagai Ketua Tim Monev Kecamatan Sukawangi Katmojo mengatakan, Monev yang dilakukan pihak kecamatan, untuk melihat langsung pembangunan fisik baik dari anggaran APBN atau Dana Desa tahap satu dan dua, ADD maupun dari Banprov. Khususnya di Desa Sukadaya yang telah dikerjakan sesuai dengan perencanaan yang di APDeskan. 


"Saya cukup puas dan sangat apresiasi terhadap kinerja Pemdes Sukadaya dalam melaksanakan pembangunan fisik, karena tadi setelah di cek sudah clear, bahkan prasastinya pun sudah dipasang, sebagai tanda kegiatannya telah selesai dikerjakan," paparnya kepada Medikomonline.com, Rabu (11/11/2020).

Kepala Desa Sukadaya Sartija Arizona menuturkan, pembangunan yang dilakukan pemdes, disesuaikan dengan APBDes dari anggaran tahap satu dan dua yang dikucurkan pemerintah, termasuk penangan Covid-19 dan penyaluran BLT.

"Saya berterima kasih kepada perangkat desa, BPD, PLD dan PDP serta seluruh elemen masyarakat, yang telah membantu dan bekerjasama sehingga kegiatan pembangunan dapat berjalan lancar dan baik, tentu saja hasil pembangunan tersebut sebesar-besarnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Ketua BPD Desa Sukadaya Nawar Suharyadi menjelaskan, setelah memonitoring, tentu saja pembangunan fisik dan non fisik yang telah dilakukan pemdes, faktanya dapat dilihat secara langsung dilapangan. Pasti hasil monitoring tersebut akan dievaluasi, dan menjadi bahan untuk meningkatkan kinerja Pemdes.

"Tentunya Kepala Desa dan perangkatnya, secara transparan merealisasikannya disesuaikan dengan yang direncanakan," tegasnya.

Terpisah PDP Kecamatan Sukawangi Eko menilai, kegiatan monitoring di Desa Sukadaya khususnya, bisa menjadi pelajaran yang baik bagi pemdes setempat. Agar dalam melaksanakan kegiatan pembangunan fisik dan non fisik, harus di sesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Sehingga hasil pembangunannya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Apalagi saat ini pengawasan terhadap anggaran yang dikucurkan pemerintah, semakin ketat," pungkasnya.

Dalam kegiatan Monev tersebut Tim Kecamatan Sukawangi menurunkan 10 orang, yang terdiri dari Kasi Tapem, Kasi Ekbang, Kasubag Umpeg, Kasubag Perencanaan dan staf.

 

Tag : No Tag

Berita Terkait