Loading

Wabup Sumedang Tanam 2.000 Bibit Pohon di Kaki Gunung Manglayang


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
5 Hari lalu, Dibaca : 63 kali


Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan menanam 2.000 bibit pohon berbatang keras ditanam di kaki Gunung Manglayang, Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Sebanyak 2.000 bibit pohon berbatang keras ditanam di kaki Gunung Manglayang, Blok Nangoh Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang dalam kegiatan penanaman pohon bertajuk "Nata Alam Ku Budaya Melak Tangkal", Selasa, (6/4/2021).

Penanaman dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Sumedang Erwan Setiawan didampingi Camat Jatinangor Herry Dewantara beserta unsur Forkopimka dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK)  Kabupaten Sumedang Wasman.

Wabup Erwan menyampaikan, kegiatan penanaman bibit pohon ini diinisiasi oleh Yayasan Incu Buyut Peduli Jatinangor berkoordinasi dengan Balai Bibit pada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, DLHK dan Kecamatan Jatinangor dengan melibatkan paguyuban masyarakat setempat.

Erwan mengatakan, ada ribuan pohon berjenis Kopi, Akasia, Gamelina, Kemiri, dan Jambon yang ditanam di atas lahan seluas empat belas hektar milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, selain bertujuan untuk konservasi juga bertujuan sebagai penyangga air di kawasan Jatinangor.

"Saya ucapkan terimakasih kepada DLHK, Camat Jatinangor, Forkopimcam dan Incu Buyut Peduli Jatinangor yang telah menggagas kegiatan penanaman pohon di Jatinangor. Mudah-mudahan penanaman pohon ini bisa menjaga kelestarian alam agar tidak terjadi bencana," ujarnya.

Dikatakan Wabup, saat ini lahan milik Pemprov Jawa Barat di Hak Guna Pakai oleh IPDN, IKOPIN, ITB, UNPAD dan BGG. Ia pun berharap, lahan tersebut tidak semuanya dijadikan pembangunan gedung tetapi lebih banyak digunakan untuk kawasan hijau.

“Potensi bencana terutama longsor hampir di tiap kecamatan sangat tinggi. Jangan berpikir karena lahan masih luas lalu dijadikan bangunan semuanya, saya harap lahan ini tetap dijadikan kawasan hijau,” pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait