Loading

Banjir di Perum Taman Firdaus Residence 1 Merendam Rumah dan Jalan, Kendaraan Mogok, Kades Iwan Setiawan: Kita Akan Cari Solusinya


Penulis: Iwan Gunawan
1 Bulan lalu, Dibaca : 332 kali


Banjir yang melanda di Perum Taman Firdaus Residence 1 yang berlokasi di wilayah Desa Cibarusah Kota Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi.

BEKASI, Medikomonline.com - Banjir yang melanda di Perum Taman Firdaus Residence 1 yang berlokasi di wilayah Desa Cibarusah Kota Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi pada hari Minggu (07/01/2024) sore hari sangat menyengsarakan warga.

Pasalnya ketinggian banjir 1 meter itu merendam rumah dan air pun masuk ke dalam rumah warga, jalanan yang terendam banjir persis seperti lautan. Kendaraan motor yang dipaksa menembus banjir akhirnya mogok di tengah lautan banjir, terpaksa motornya didorong.

Warga Perum Taman Firdaus Residence 1 sangat kecewa, sampai kapan banjir bisa diatasi. Bukan kali ini saja Perum Taman Firdaus Residence 1 dilanda banjir, setiap hujan turun pasti Perumahan ini kebanjiran, sesal Edin Jamaludin mantan Kadus.

“Banjir kali ini yang terparah, apalagi sekarang musim hujan, semua rumah warga terendam banjir, air banjir pun masuk ke dalam rumah. Lihat aja jalanan pun tertutup banjir persis seperti lautan lah, ketinggian air bisa mencari 1 meter,” sesal Roni selaku Ketua RT 01/011.

Banjir yang melanda di Perum Taman Firdaus Residence 1 yang berlokasi di wilayah Desa Cibarusah Kota Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi.

“Apalagi rumah saya baru selesai dibangun, akses jalan pun tertutup banjir semua, sehingga susah untuk dilalui. Warga saya pun jadi dibuat sulit untuk beraktifitas. Dengan banjir ini terutama Blok. A RT 01 dan RT 02 semuanya tertutup banjir,” kata Roni.

Padahal warga di dua RT ini selalu rutin melakukan gotong-royong secara bersama-sama dengan membersihkan saluran air dan juga gorong-gorong dengan tujuan untuk mengantisipasi dan mencegah banjir, namun tetap saja warga kami di blok.A masih kebanjiran juga.

“Seharusnya Developer PT. Wildan selaku pengembang Perum Taman Firdaus Residence 1 harus bertanggung jawab atas banjir yang terus melanda Perumahan ini. Padahal warga, RT dan RW sudah komplain dengan membuat surat dan proposal ke pihak Developer PT. Wildan selaku pengembang agar bisa memperbaiki saluran, supaya saluran diperbesar dengan tujuan agar saluran air bisa lancar dan air hujan yang masuk ke saluran itu bisa lancar dan tidak tersendat seperti sekarang ini, yang bisa menyebabkan banjir terus,” tegas RT Roni.

Banjir yang melanda di Perum Taman Firdaus Residence 1 yang berlokasi di wilayah Desa Cibarusah Kota Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi.

Kepala Desa Cibarusah Kota Iwan Setiawan yang dikonfirmasi Medikomonline membenarkan bahwa di wilayahnya pada hari Minggu (07/01/2024) sore dilanda banjir. Bukan Perum Taman Firdaus Residence 1 saja yang dilanda banjir, tapi seluruhnya terkena banjir.

Hal ini diakibatkan curah hujan yang sangat tinggi dan banyak saluran air yang tersumbat sehingga air hujan yang deras tidak bisa ditampung dan menyebabkan air meluap dan terjadilah banjir.

“Wilayah Desa Cibarusah Jaya saja yang bersebelahan dengan Desa kita juga sama dilanda banjir. Karena hujan waktu itu sangat deras sekali dan cukup lama hujannya,” terangnya.

Untuk itu, dalam masalah banjir Pemerintah Desa Cibarusah Kota akan mencari solusinya untuk mengatasi banjir ini. “Rumah saya di Perum Taman Firdaus Residence 1 blok. D juga kemasukan air, sampai luber air hujan masuk ke rumah saya,” tuturnya.

“Saya selaku Kepala Desa Cibarusah Kota mengimbau kepada warga, RT, RW dan Kadus untuk lebih giat lagi bergotong-royong dengan membersihkan lingkungan, terutama saluran air yang tersumbat sampah agar air hujan turun bisa lancar dan tidak terhambat sehingga dapat mengantisipasi dan mencegah banjir yang tidak kita inginkan,” ungkapnya.

“Nanti saya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengatasi masalah banjir ini, yaitu dengan pihak Pemerintahan terutama dengan pihak Kecamatan Cibarusah, Polsek Dan Ramil,” pungkas Kades Iwan Setiawan. (Iwan Gunawan)

 

Tag : No Tag

Berita Terkait