Loading

Benarkah DPRD Ciamis Studi Banding ke Jogjakarta


Penulis: Herz_Ciamis/Editor: Dadan Supardan
9 Hari lalu, Dibaca : 169 kali


Mobil Dinas Sosial Kabupaten Ciamis terparkir di halaman hotel di Jogjakarta.

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com Di tengah musim pandemi covid-19 yang masih menakutkan, sembilan anggota DPRD Kabupaten Ciamis Selasa 27 Maret – Kamis 1 April 2021 melakukan kunjungan kerja (kungker) keluar kota, yakni ke DPRD Kulon Progo dan Purworejo Provinsi Jawa Tengah. Akan tetapi beberapa orang yang mendapati langsung aktivitas kungker para anggota DPRD mempertanyakan urgensi kegiatan tersebut.

Dihubungi Medikomonline.com Sekretaris DPRD Ciamis, Uga Yugaswara Rabu 31 Maret 2021 membenarkan kalau sebanyak sembilang orang anggota DPRD Ciamis berangkat ke DPRD Purworejo dan Kulon Progo, Provinsi Jawa Tengah.

“Dengan agenda kungker dengan dua DPRD tersebut guna membahas tentang Pengawasan Penyaluran BPNT serta mengenai dukungan APBD selama tiga hari mulai dari hari Selasa hingga Rabu ini,” katanya.

Disinggung kejelasan alur surat menyurat sebelumnya, Uga Yugaswara menjelaskan, alur surat menyurat sudah menjadi ketetapan SOP.

Sementara Dony, warga asal Kota Ciamis yang melihat langsung acara di lokasi, kepada Medikomonline.com Jumat 2 April 2021 mengatakan kegiatan mereka (anggota DPRD Ciamis) terkesan tidak jelas. Apalagi jelas Dony, kedatangan rombongan DPRD Ciamis ke DPRD Purworejo hanya sebentar saja.

“Bahkan baru saja sebagian rombongan anggota DPRD Ciamis itu tiba di gedung DPRD Purworejo, Jawa Tengah sebagian ada yang memesan kopi di kantin DPRD belumlah sempet diminum pun, entah kenapa mereka rombongan semua seperti terbirit-birit hendak bergegas keluar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dony mengungkapkan para anggota DPRD Ciamis itu sempat ketemu dengannya. Ada juga yang sempat diajak ngobrol walau hanya sesaat. Dirinya menilai aneh, kenapa baru sampai rombongan DPRD Ciamis yang katanya mau studi banding atau kungker ke Jawa Tengah seperti tidak matang planing sebelumnya. Mengingat di gedung DPRD Purworejo pun tak ada tampak kesiapan layaknya agenda penting studi banding.

Lantas nilai urgensi atau pentingnya di mana?tanya Dony kepada Medikomonline.com.

Menurutnya lokasi istirahat (hotel) ke tempat DPRD Purworejo dan Kulon Progo letaknya cukup jauh, ditempuh perjalanan kurang lebih 1 jam. Mereka tidur di hotel di bilangan kota Jogjakarta dengan kategori hotel bintang 4 cukup mewah.

Menanggapi hal tersebut, Zaenal dari Fraksi PDI Perjuang DPRD Ciamis sekaligus Ketua Pansus BPNT di Ciamis, Jumat siang (2 April) saat dihubungi Medikomonline.com enggan memberikan penjelasan. Padahal Medikomonline.com sudah melayangkan beberapa pertanyaan kepadanya terkait kunjungan kerja atau studi banding anggota DPRD Ciamis tersebut. Serta membahas apa saja, berapa jumlah anggota DPRD Ciamis yang berangkat, bagaimana saja acara kungker/studi banding di sana? Hingga berita ini diturunkan, Zaenal enggan memberikan keterangan.

Tag : No Tag

Berita Terkait