Loading

Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Air Minum Angkatan I


Penulis: Kuswanto/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 780 kali


BOGOR, Medikomonline.com - Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Air Minum Angkatan I di Hotel Rizen Premier Bogor.  

Ketua Panitia kegiatan Bimbingan Teknis Suryadi SE menyampaikan, para perserta berasal dari 45 desa yang berada di Kabupaten Bogor, diantaranya Kepala Desa, Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (KPSPAM) dan Tim Teknis.

“Peserta yang kita undang dalam kegiatan ini adalah desa yang menerima program bantuan pembangunan air minum dari anggaran APBD dan DAK,” kata Suryadi.

Berdasarkan keterangan Suryadi, desa yang mengikuti Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Air Minum Angkatan I adalah desa yang telah disurvey dan siap dibangun. “Tujuannya kita memberikan pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan desa penerima bantuan. Yang dimana pada nantinya akan dikelola oleh masyarkat dan untuk masyarakat,” tambahnya.

Suryadi juga mengatakan, materi yang disampaikan kepada para peserta diantaranya adalah Kebijakan Pemkab Bogor, Mekanisme Pembangunan SPAM, Tahapan Survey dan Perencanaan, Manajemen Pengelolaan SPAM, Mekanisme Pembangunan SPAM Gravitasi dan Sumur Bor, Perhitungan Debit Air dan Teknik pemasangan SR (Sambungan Rumah).

“Yang kita laksanakan ini ada yang menggunakan sistem grafitasi mata air, dan ada juga sistem bor. Tapi mayoritas itu grafitasi air, dan itu akan diverifikasi apakah ada sumber airnya dan apakah memenuhi syarat,” ujar Suryadi.

Suryadi juga menyampaikan beberapa syarat desa yang dapat mengajukan permohonan bantuan, diantaranya memiliki sumber mata air, prioritas kebutuhan warga yang yang benar-benar membutuhkan, dan menyediakan lahan hibah untuk digunakan sebagai tempat bangunan.

Tag : No Tag

Berita Terkait