Loading

Hari Ke-13 PPKM Darurat, Wakil Bupati Sumedang Kembali Monitor Posko Satgas Covid-19


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
12 Hari lalu, Dibaca : 68 kali


Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan memonitor sejumlah Posko Satgas Covid-19 di wilayah barat Kabupaten Sumedang, Kamis (15/7/2021).

SUMEDANG,Medikomonline.com - Memasuki hari ke-13 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan kembali memonitor sejumlah Posko Satgas Covid-19 di wilayah barat Kabupaten Sumedang, Kamis (15/7/2021).

Monitoring kali ini dilaksanakan di Kecamatan Jatinangor dengan diawali peninjauan UPT Rawat Inap Puskesmas Jatinangor yang juga sedang melaksanakan vaksinasi massal Tahap II bagi 200 orang warga.

Selanjutnya monitoring bergeser ke Posko Desa Cikeruh dan Desa Sayang. Di sana Wabup memberikan arahan langsung kepada para petugas dan mengecek fasilitas Posko, mulai dari tempat isolasi terpusat, logistik, hingga update data perkembangan Covid-19 dan fasilitas lainnya.

Wabup juga menyerahkan bantuan berupa obat-obatan, vitamin dan Sembako dari Baznas Sumedang kepada masing-masing para kepala desa.

Wabup Erwan menyampaikan, secara umum pelaksanaan PPKM Darurat di Kecamatan Jatinangor, khususnya Desa Cikeruh dan Sayang, dinilai sudah cukup baik dan efektif dalam menekan laju penyebaran Covid-19.

"Dua desa di Kecamatan Jatinangor ini menurun signifikan kasusnya. Saya lihat di Desa Sayang yang Isoman tinggal dua belas. Mudah-mudahan bisa terus berkurang dan cepat selesai. Saya juga mendorong para kepala desa berlomba untuk menjadikan desanya menjadi Zona Hijau," ujarnya.

Berkaitan adanya wacana perpanjangan PPKM Darurat yang  rencananya akan dilaksanakan bulan Agustus 2021, menurutnya saat ini pihak pemerintah daerah masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

Kalaupun diperpanjang, sebutnya, harus ditentukan langkah-langkah persiapan yang harus ditempuh melalui koordinasi dengan stakholder terkait untuk pelaksanannya nanti.

"Saat ini belum. Masih menunggu arahan dari pusat. Itu baru sekedar wacana. Pemerintah pusat belum mengambil keputusan. Secara pribadi saya tidak berharap ada perpanjangan PPKM Darurat, mengingat banyak jalan yang ditutup dan usaha masyarakat yang dibatasi," ungkapnya.

Khusus mengenai persiapan menjelang hari raya Idul Adha, Wabup mengimbau kepada masyarakat untuk perbanyak ibadah dan berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

Ia juga mengajak masyarakat yang mampu agar di masa pandemi ini bisa berbagi dengan masyarakat lain yang membutuhkan.

"Marilah kita sambut Idul Adha dengan ibadah yang khusyuk. Kepada warga yang mampu berkurban semoga pandemi ini tidak menjadi penghalang untuk berbagi. Kepada masyarakat diminta bersabar. Tunggu PPKM darurat ini sampai tanggal 20 Juli yang bertepatan dengan Idul Adha," kata Wabup.

Turut hadir dalam monitoring, Kepala Satpol PP Kabupaten Sumedang Bambang Rianto, Camat Jatinangor Herry Dewantara berserta unsur Forkopimcam.

Tag : No Tag

Berita Terkait