Loading

Pj Bupati Sumedang Bagikan Pengalaman Keberhasilan Penanganan Stunting dalam FGD Monev Penurunan Stunting


Penulis: Nanang
4 Bulan lalu, Dibaca : 162 kali


Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman

SUMEDANG, Medikomonline.com-Keberhasilan Sumedang dalam penanganan stunting dibagikan  Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman dalam Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Sistem Monitoring dan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran dalam Percepatan Penurunan Stunting di Daerah. 

FGD yang diinisiasi Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI tersebut berlangsung di Hotel Holiday Inn Bandung Pasteur, Selasa (5/12/2023). 

Pj. Bupati Herman Suryatman mengatakan, saat ini Sumedang sebagai kabupaten terdepan dalam penanganan stunting melalui pemanfaatan teknologi informasi.

"Pada generasi pertama kita melahirkan inovasi 'Simpati' atau Sistem Informasi Pencegahan Stunting Terintegrasi dan saat ini kita gulirkan 'Sinurmi' atau Sistem Monitoring Kesehatan Remaja Putri dan Ibu Hamil," ujarnya. 

Khusus dalam inovasi Sinurmi, kata Pj,  ibu-ibu hamil dengan resiko tinggi akan dilengkapi jam pintar untuk dipantau kondisi kesehatannya setiap saat secara real time. 

"Tentu pemerintah bisa hadir untuk memastikan kondisi ibu hamil dalam keadaan sehat. Sebelum ibu hamil meminta, kami sudah datang. Itu yang diharapkan," ujarnya. 

Dengan langkah proaktif seperti itu, lanjut Pj, semua ibu hamil di Kabupaten Sumedang akan sehat dan melahirkan anak-anak yang sehat sehingga berdampak pada penurunan angka kematian ibu dan bayi serta terwujudnya Zero New Stunting. 

"Tidak ada stunting baru di Sumedang. Itu harga mati bagi Pemda Sumedang," tuturnya. 

Kepala Subdirektorat Pengendalian Penduduk dan KB pada Ditjen Bina Bangda Kemendagri Rezha Pranatama mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pj Bupati yang telah memberikan wawasan terkait penanganan stunting. 

Menurutnya, berbagai pengalaman dan ilmu yang disampaikan sangat bermanfaaat sebagai bahan pembelajaran bagi pemerintah pusat dan daerah di seluruh Indonesia. 

"Semua yang telah disampaikan menjadi media pembelajaran untuk merumuskan kebijakan yang lebih baik terutama dalam mendukung percepatan penurunan stunting di daerah," pungkasnya. (Nanang)

Tag : No Tag

Berita Terkait