Loading

Pakaian Adat Warnai Rapat Paripurna Istimewa HUT Kabupaten Sukabumi Ke-150


Penulis: Iyan Sopyan/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 920 kali


Pakaian adat menjadi warna pada pelaksanaan Rapat Paripurna DPRD dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Sukabumi ke-150 tahun.

PELABUHANRATU, Medikomonline.com - Pakaian adat menjadi warna pada pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Sukabumi ke-150 tahun.

Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara, berlangung di aula Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi Jalan Jajaway, Pelabuhanratu, Kamis, 10 September 2020.

Dalam pelaksanaan paripurna yang dihadiri Bupati Sukabumi, seluruh peserta tampak mengenakan pakaian adat. Hal itu dilakukan untuk menjaga sekaligus melestarikan pakaian adat Sunda.

Dalam sambutannya Bupati Sukabumi H Marwan Hamami mengatakan, “Peringatan hari jadi Kabupaten Sukabumi kali ini dilaksanakan dalam kondisi memprihatinkan, karena pandemi Covid 19 yang sedang mewabah di seluruh belahan dunia termasuk di Indonesia.”

“Namun hal itu tidak menyurutkan semangat dan tekad kita terutama untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi,” tegas Bupati Sukabumi.

Kepada pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda, para tenaga medis serta seluruh pihak, terutama atas kinerjanya untuk mendukung dan mengawasi kebijakan pemerintah daerah dalam pencegahan covid 19, Bupati mengucapkan terima kasih. “Semoga yang diperbuat menjadi amal ibadah bagi kita semua,” imbuhnya.

Sejak 2016 hingga kini, lanjut Marwan lagi, program prioritas Kabupaten Sukabumi telah mencapai 92 persen, bahkan beberapa indikator menunjukan pencapaian yang melampaui dari target yang telah ditetapkan di dalam RPJMD tahun 2016-2021.

Selain itu, laju pertumbuhan ekonomi yang digunakan untuk mengukur kemajuan ekonomi juga menunjukan trend meningkat. “Tentu capaian ini merupakan keberhasilan kita semua, sebab kita telah bekerja keras dalam menggerakan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Tambahnya lagi, Indek Pembangunan Manusia telah mencapai 66.87. Hal itu menunjukan adanya peningkatan 0,82 persen dari tahun lalu.

Tingkat kemiskinan pun trendnya menurun di angka 6.22 persen, angka tersebut lebih rendah dari Provinsi Jabar dan Nasional. “Sementara tingkat pengangguran terbuka pada 2019 menunjukan trend yang cukup baik yaitu berada di angka 7.99 persen,” papar Bupati Sukabumi dalam rapat paripurna tersebut.

Dari berbagai peningkatan capaian tersebut, cukup diapresiasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara. “Selain memberikan apresiasi yang cukup tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Yudha berharap hal itu dapat dipertahankan dan ditingkatkan ke arah yang semakin baik,” pungkasnya, seraya mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Sukabumi ke-150 tahun.

Selain Ketua DPRD, apresiasi atas berbagai pencapaian Kabupaten Sukabumi sejauh ini juga diapresiasi oleh Kepala Biro Pemerintah dan Kerjasama Setda Provinsi Jawa Barat Dodit Ardian Pancapana. Menurutnya hari jadi Kabupaten Sukabumi menjadi mementum penting untuk evaluasi dan semangat kerja lebih baik dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif.

Dirinya berharap Kabupaten Sukabumi mampu meningkatkan kemandirian ekonomi, terutama yang berbasis potensi ekonomi lokal, sesuai dengan tema hari jadi Kabupaten Sukabumi, yaitu “Jaga Sukabumi Milik Kita”.

Tag : No Tag

Berita Terkait