Loading

Pemda Sumedang Gelar Upacara Peringatan Satpol PP Ke-71


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 753 kali


Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan

SUMEDANG, Medikomonline.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumedang menggelar Upacara Peringatan Satpol PP ke-71, Damkar ke-102 dan Satlinmas ke-59 di Markas Komando Pol PP Kabupaten Sumedang, Rabu (24/3/2021).

Upacara dipimpin langsung Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dan dihadiri perwakilan unsur Forkopimda, Kasatpol PP Bambang Rianto beserta seluruh personil Pol PP, Damkar dan Satlinmas secara langsung maupun virtual.

Bersamaan dengan masih adanya Covid-19, upacara ini dilaksanakan secara terbatas dan sederhana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Adapun tema sentral yang diusung adalah yaitu “Kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Pelindungan Masyarakat Mendukung Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 untuk Indonesia yang Maju dan Sehat”.

Dalam amanat Menteri Dalam Negeri RI  Tito Karnavian yang dibacakan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan disampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Satpol PP dan Satlinmas atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama melaksanakan tugas.

Menurut Mendagri, kondusivitas yang dirasakan saat ini tidak terlepas dari peran serta Satpol PP dan Satlinmas dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban. Dirinya berharap, Satpol PP dan Satlinmas terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme melalui pembenahan di berbagai aspek.

“Saya yakin melalui peningkatan kompetensi dan profesionalisme, kinerja Satpol PP dan Satlinmas dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan daerah akan meningkat secara signifikan dan citranya juga akan semakin baik di mata masyarakat,” ujarnya.

Sejalan dengan tema peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas, ia pum meminta kepada seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19.

Lebih jauh, dalam meningkatkan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan, hendaknya Satpol PP dan Satlinmas dapat bekerja sama dengan unsur Polri dan TNI serta memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Tema ini sudah tepat dan menggambarkan realitas kesiapsiagaan anggota Satpol PP dan anggota Satlinmas selama satu tahun terakhir dalam mendukung pencegahan serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19,” tuturnya.

Terakhir Tito berpesan agar peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas Tahun 2021 hendaknya dijadikan sebagai refleksi untuk bersikap tegas namun humanis, proaktif dalam menjalankan tugas dilapangan serta konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja.

Selain itu, anggota Satlinmas juga diharapkan senantiasa proaktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggal masing-masing dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum.

“Hal ini sangat penting, mengingat anggota Satlinmas menjadi bagian dalam masyarakat di tempat tinggal masing-masing yang lebih memahami dan mengetahui setiap anggota masyarakat lainnya yang berada di lingkungannya,” pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait