Loading

Peringatan Hari Jadi Ke-444, Pemkab Melakukan Ziarah Kubur Leluhur Tokoh Sumedang


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
1 Bulan lalu, Dibaca : 107 kali


Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir melakukan tabur bunga di makam leluhur tokoh Sumedang.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Usai menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Jadi ke-444 Sumedang di IPP Kabupaten Sumedang, Rabu (20/3), Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang Susi Gantini dan unsur Forkopimda serta para kepala perangkat daerah melakukan ziarah kubur ke makam leluhur dan tokoh Sumedang.

Kegiatan ziarah kubur merupakan agenda rutin tahunan yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Sumedang ke-444 yang jatuh pada  tanggal 22 April 2022.

Rombongan Bupati mengawali ziarah dengan mendatangi makam Bupati Sumedang periode 2013-2018  almarhum H Endang Sukandar (HES) di lingkungan Sindangpalay, Kelurahan Pasanggrahan Baru. Selesai menabur bunga dan berdoa di makam HES, rombongan melanjutkan ziarah ke Makam Leluhur Sumedang di Dayeuh Luhur Kecamatan Ganeas.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan, ziarah makam merupakan salah satu tradisi dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Sumedang. Tujuan ziarah kubur, kata Bupati, selain mendoakan, juga untuk mengenang jasa-jasa para leluhur dan para tokoh dalam merintis berdirinya Sumedang.

"Saya harap kegiatan ziarah ini mampu mengingatkan kita pada leluhur Sumedang serta mendoakan para leluhur Sumedang yang telah mengabdikan diri untuk memajukan Kabupaten Sumedang,” ungkap Bupati.

Dengan mengingat perjuangan almarhum-almarhumah, lanjut Bupati, diharapkan dapat memotivasi untuk meneruskan perjuangan mereka. "Mudah- mudahan kita dapat melanjutkan perjuangan para leluhur untuk bisa menyejahterakan masyarakat Sumedang,” ujarnya.

Bupati pun berharap peringatan Hari Jadi ke-444 bisa menjadi momentum kebangkitan masyarakat Kabupaten Sumedang untuk mengembalikan kejayaan Kabupaten Sumedang. "Melalui momentum Hari Jadi Sumedang ke-444, mari kita bangkitkan semangat untuk membangun Sumedang dengan mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan lebih cepat," pungkasnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait