Loading

Karang Taruna Institute Jabar Gelar Kursus Keorganisasian & Kepengurusan


Penulis: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 1074 kali


Para peserta Kursus Keorganisasian dan Kepengurusan Karang Taruna (K3KT)

BANDUNG, Medikomonline.com – Guna meningkatkan kapasitas pelaksana organisasi pada level top manajemen kepengurusan Karang Taruna tingkat kabupaten/kota di Jawa Barat, Karang Taruna Institute Jawa Barat menggelar Kursus Keorganisasian dan Kepengurusan Karang Taruna (K3KT). Ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan sejak KT Institute Jabar dibentuk tahun 2018 lalu.

Kegiatan K3KT diselenggarakan pada 24-25 November 2020 bertempat di Hotel 88, Kopo - Kota Bandung. Peserta kegiatan adalah para pengurus harian Karang Taruna dari 10 kabupaten/kota se-Jawa Barat yang berjumlah 21 orang. Sementara instruktur/pemateri yang dihadirkan adalah orang-orang yang kompeten di bidangnya di antaranya Muhammad Satria (Direktur KT Institute), Dr. Zulmahsyur (Unnas), Subchan Daragana (Ketua Karang Taruna Jawa Barat), dan Ir. Budhy Setiawan, M.Si (Wakil Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna yang juga Anggota DPR RI).

Kursus yang juga bertujuan meningkatkan manajemen pengelolaan organisasi Karang Taruna yang lebih profesional ini menyajikan beberapa materi ajar di antaranya Keorganisasian, Kepemimpinan, Kesekretariatan, Manajemen Kepengurusan, Manajemen Data & Informasi, Manajemen Keuangan dan Manajemen Rapat dan Persidangan Karang Taruna.

Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat dan lembar evaluasi hasil kursus dalam bentuk nilai yang akan menjadi pegangan bagi kompetensinya dalam pengelolaan organisasi Karang Taruna di wilayahnya. 

Direktur KT Institute Jawa Barat dalam sambutannya menegaskan bahwa mencermati pentingnya K3KT sebagai bagian dari kurikulum di KT Institute, maka ke depan K3KT akan dikembangkan baik dari segi silabus, kepesertaan maupun penyelenggaraannya, agar Karang Taruna betul-betul dapat menjadi organisasi pelayanan yang memiliki standar keorganisasian dan Kepengurusan yang jelas (ISO). 

Sementara itu, Ir. Budhy Setiawan yang juga Ketua MPKT Jabar sangat menanggapi positif kegiatan ini karena akan menumbuhkan tradisi belajar dan mempraktikkan organisasi secara benar. Apalagi menurutnya, Karang Taruna adalah organisasi dengan seperangkat aturan teknis yang lengkap dan merupakan organisasi yang didesain untuk membentuk karakter anak muda, selain merupakan wadah untuk mengabdi bagi peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat.



Tag : No Tag

Berita Terkait