Loading

Hadiri Peresmian Menara Kujang Sapasang, Ini Harapan Bupati Dony


Penulis: Nanang
8 Bulan lalu, Dibaca : 204 kali


Menara Kujang Sapasang karya monumental Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah diresmikan Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Menara Kujang Sapasang karya  monumental Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah diresmikan, Minggu (13/8/2023).

Bangunan setinggi 99 meter dengan 3 lantai yang dilengkapi berbagai fasilitas pendukungnya tersebut menawarkan keindahan panorama Waduk Jatigede layaknya Rajaampat Papua.

Terselip harapan Bupati Dony Ahmad Munir, Menara Kujang Sapasang itu dapat memberikan daya ungkit terhadap kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

"Menara Kujang Sapasang, mahakarya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mudah-mudahan semakin memajukan Jawa Barat sebagai provinsi yang juara dan Sumedang yang semakin Simpati," kata Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir. 

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir.

Bupati Dony mengatakan, setidaknya ada dua makna yang bisa diambil dari peresmian Kujang Sapasang, yakni pertama, menjaga budaya luhung tradisi Sunda. Kedua, bergeraknya roda ekonomi sektor pariwisata di Sumedang.

"Dengan adanya Menara Kujamg Sapasang tentu akan mendatangkan wisatawan masuk ke Sumedang, menciptakan banyak lapangan pekerjaan yang akhirnya bermuara meningkatnya kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat menyampaikan, Menara Kujang Sapasang merupakan sebuah monumen yang mencerminkan Jawa Barat.

"Filosofi dari Kujang Sapasang ini,  mengandung makna keharmonisan dalam sifat budaya Jawa Barat harus seperti keluarga (cradle of civilization) sebagai sebuah wadah keberlanjutan peradaban," tuturnya.

Dikatakan, Kujang sebagai senjata warga Jawa Barat melahirkan gagasan menara Kujang Sapasang.

"Kenapa Kujang Sapasang dua tinggi dan dua rendah. Karena itu filosofi peradaban manusia yaitu keluarga," ujar Kang Emil. 

Tag : No Tag

Berita Terkait