Loading

Jalan Banjarsari-Nambo Masih Akan Dilanjutkan Pekerjaan Dari Program INPRES JALAN DAERAH


Penulis : Herz_Cms
6 Bulan lalu, Dibaca : 218 kali


Pekerjaan Jalan Daerah Banjarsari-Nambo Ciamis Jawa Barat Program INPRES TA 2023 Dirasakan Bahagia Oleh Ribuan Warga Karena Jalan Mulus & Nyaman Dilalui. Foto : Herz_Cms

CIAMIS, Medikomonline.com - Ruas jalan Banjarsari-Nambo yang membentang kurang lebih sepanjang 16,7 kilometer (km) yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat masih akan dilanjutkan tahap pekerjaannya dari program Instruksi Presiden (Inpres) guna percepatan konektivitas Jalan Daerah. 

Sebelumnya akhir tahun 2023 kemarin, pekerjaan rehabilitasi jalan Banjarsari-Nambo sepanjang 5,25 km telah selesai dikerjakan sekaligus memperlebar jalan yang semula 4,5 meter menjadi 5,5 meter. 

Ruas jalan yang membentang di tiga kecamatan (Banjarsari, Purwadadi dan Lakbok) Kabupaten Ciamis itu masih memerlukan bantuan dana dari Pemerintah Pusat melalui program Inpres Jalan Daerah guna meneruskan ruas jalan tersisa yang belum dikerjakan. 

"Tahun ini, Insya Alloh masih akan dilanjutkan pekerjaan lanjutan ruas jalan Banjarsari-Nambo dengan sumber anggaran APBN 2024 melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI". 

Hal itu diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.3 Ciamis-Banjar-Pangandaran-Batas Jawa Tengah, Arianto, Rabu siang (10/1/024) kepada Medikomobline.com saat melihat kondisi jalan nasional Ciamis-Banjar di Pamalayan Ciamis. 

Arianto mengatakan untuk Inpres Jalan Daerah melalui Kementerian PUPR-RI, ruas jalan Banjarsari-Nambo kemungkinan besar akan tetap dilanjutkan program penanganannya. 

"Kita masih akan melanjutkan pekerjaan ruas jalan Banjarsari-Nambo (lanjutan) dengan harapan tuntas sampai ke ujung ruasnya "ucapnya. 

"Ruas total jalan semuanya ada kurang lebih 16,7 km, dan akhir tahun 2023 kemarin sudah dikerjakan sepanjang 5,25 km dengan lebar jalan 5,5 meter. Artinya masih ada 11,45 km lagi yang belum ditangani dari Nambo ke Lakbok, "tuturnya. 

Akan tetapi jika merunut ke usulan awal sebagaimana yang disampikan Pemkab Ciamis, semula yang diusulkan sepanjang 10 kilometer.  

"Namun baginya berharap agar bisa tertangani sampai ke wilayah Lakbok (nambo) masih kurang lebih 11 km an lagi, "imbuhnya. 

Kita berharap alokasi dari pemerintah pusat cukup untuk menanganani sampai ujung ruas nambo, mengingat kondisi jalan tersebut yang telah rusak dan masih dilakukan penanganan sementara oleh penduduk atau masyarakat setempat. 

"Insya Alloh dan mudah-mudahan saja kita berdoa untuk lanjutan pekerjaan ruas jalan Banjarsari-Nambo bisa segera dilaksanakan," Harapnya. 

Disinggung berkenaan dengan usulan program Inpres Jalan Dearah ruas jalan Entrong-Pasawahan, menurutnya itu sudah masuk rencana dan sekarang sedang tahap verifikasi. 

"Mudah-mudahan juga ruas jalan tersebut bisa masuk dan dikerjakan tahun ini, " Pintanya. 

Disebutkan Arianto, ruas jalan Entrong-Pasawahan tingkat kerusakannya sangat cukup parah dibandingkan dengan ruas jalan Banjarsari-Nambo. 

"Namun kesemuanya tentu harapan dan keinginan kita semua terutama masyarakat, agar kedua ruas jalan tersebut dapat ditangani tahun ini,"selanya. 

"Program INPRES JALAN DAERAH merupakan program percepatan pemerintah pusat untuk konektivitas jalan daerah demi menunjang penguatan ekonomi rakyat. 

Untuknya semua pihak berdoa agar apa yang direncanakan ini bisa terlaksana semuanya, "pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait