Loading

Warga Desa Cilangkara Terima BLT- DD Tahap Satu


Penulis: Manah S/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1244 kali


Penerima BLT didampingi Sekdes Cilangkara, pihak Bank BJB, BPD, PLD, Babinsa dan Bimaspol, di aula desa, Kamis (11/6/2020). (Manah Sudarsih/Medikomonline.Com)

SERANG BARU, Medikomonline.com - Desa Cilangkara, Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD)   Tahap Satu Tahun Anggaran 2020 kepada 294 warga.

BLT- DD ini diberikan langsung oleh pihak Bank bjb kepada penerima, yang disaksikan Pemdes Cilangkara, BPD, PLD, Babinsa dan Bimaspol. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Desa Cilangkara, Kamis (11/6/2020).

Sekdes Cilangkara Ocin Abdul Ganiml mengatakan, pemberian BLT di Desa Cilangkara langsung dua bulan. Bulan April-Mei 2020 sebesar Rp1.200.000,-  yang diterima oleh warga.

Tentu saja pemberian BLT ini, untuk membantu warga dimasa pandemi korona Covid'19. Uang yang diberikan tersebut mutlak milik penerima BLT, tapi ingat jangan dibelikan yang tidak perlu. 

"Semoga uang yang diberikan kepada warga penerima BLT dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata Ocin kepada Medikomonline.com, Kamis (11/6/2020).

Tambahnya, agar si penerima BLT datanya tidak tumpang tindih, sehingga harus disinkronkan dengan data penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sembako dari provinsi dan kabupaten, dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos.

Setelah sinkron dilanjutkan dengan Musdesus, kemudian dilakukan pengecekan langsung kepada penerima BLT oleh Tim Relawan Covid'19 bersama BPD, perangkat desa, Babinsa dan Bimaspol. Jika datanya sudah valid, kemudian dibuatkan Peraturan Desanya (Perdes). "Insya Alloh 294 warga penerima BLT, datanya valid," terangnya.


Foto bersama Camat dan Kapolsek saat meninjau penyaluran BLT di Desa Cilangkara. (Manah Sudarsih/Medikomonline.Com)

Camat Serang Baru Subarnas menuturkan, Kamis ini ada dua desa yang melaksanakan kegiatan penyaluran BLT, Desa Cilangkara dan Jayasampurna. Ia dan Kapolsek melihat langsung pelaksanaannya. Yang terpenting penyaluran BLT ini datanya tidak tumpang tindih dengan data lainnya atau si penerima hanya mendapatkan dari BLT saja.

"Di bulan ini, penyaluran BLT baru tiga desa, mudah-mudahan Juni ini bisa diterima oleh masyarakat," tuturnya. 

Ketua BPD Cilangkara H Edi Mulyana menegaskan, dirinya apresiasi terhadap kinerja pemdes bersama jajarannya. Sehingga BLT di Desa Sukaragam telah disalurkan dua bulan. Tentu saja, bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk membantu warga dimasa pandemi korona Covid'19 dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Saya berharap korona atau Covid'19 ini segera berlalu, dan warga bisa beraktivitas seperti semula sebelum adanya Covid'19," terangnya.

Pendamping Lokal Desa (PLD) Abod menegaskan, PLD sebagai pendamping desa yang bekerjasama dengan pihak pemdes selalu dilibatkan untuk memantau dan membantu desa. Tentu saja agar data yang didapatkan oleh pemdes, untuk menentukan BLT benar-benar valid. Sehingga saat disinkronkan data untuk BLT tidak tumpang tindih atau dua kali warga tersebut menerima bantuan lainnya. "Insya Alloh data BLT Desa Cilangkara valid," pungkasnya.   

Tag : No Tag

Berita Terkait