Loading

Ciamis Raih Penghargaan Tertinggi Adipura Kencana dari RI, Prestasi Gemilang di Penghujung Habis Jabatan Bupati


Penulis : Herz_Mdk
1 Bulan lalu, Dibaca : 76 kali


Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya Menerima Langsung Penghargaan Adipura Kencana Tertinggi dari Wakil Presiden RI Didampingi Ibu Menteri LH dan Kehutanan RI, Salasa siang (5/3/2023) di Jakarta

CIAMIS, Medikomonline.com - Pemerintah Kabupaten Ciamis Jawa Barat melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis meraih penghargaan tertinggi Adipura Kencana dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

 

Penghargaan tertinggi itupun diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin didampingi Ibu Menteri LHK RI, Siti Nurbaya kepada Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya, Selasa (5/3/2024) di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

 

Penerimaan penghargaan ini merupakan langkah inovatif cara menjaga kebersihan dan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

 

Hal itu disampaikan Ibu Menteri LKH RI, Siti Nurbaya dihadapan Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin serta ratusan auden yang hadir.

 

Ada lima kabupaten/kota yang meraih penghargaan tertinggi Adipura Kencana dibidang lingkungan hidup salah satunya Pemkab Ciamis Jawa Barat.

 

"Penghargaan ini menandai pencapaian yang sangat luar biasa dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan di wilayah Kabupaten Ciamis yang berkelanjutan dan inovatif, " Terang Ibu Menteri LHK RI.

 

"Kabupaten dan Kota yang menjadi nominasi Anugerah Adipura Kencana diharapkan tidak hanya mengatasi tantangan lingkungan seperti pengelolaan sampah, pengendalian polusi, dan pengembangan ruang terbuka hijau (RTH), tetapi juga menjadi pusat inovasi dalam pengelolaan sampah dan RTH, "Ujarnya.

 

"Tidak hanya itu, mereka juga diharapkan mampu mengimplementasikan sistem pengendalian dampak perubahan iklim, memanfaatkan energi terbarukan, dan mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial melalui pendekatan berbasis lingkungan dan sumber daya alam, " Tegas Ibu Menteri LHK RI.

 

Prestasi Gemilang Di Penghujung Jabatan Bupati Ciamis Raih Penghargaan Tertinggi Anugerah Adipura Kencana



Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya dan Kepala Dinas DPLKH Kabupaten Ciamis, Dr. H. Taufik Gumilar, S.T, M.M

 

Di penghujung habis masa jabatan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya meraih prestasi gemilang dengan meraih Penghargaan Anugerah Adipura Kencana.

 

"Penghargaan ini menandai pencapaian yang luar biasa dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan di wilayah Kabupaten Ciamis, " Ungkap Kadis DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Dr. H. Taufik Gumilar, S.T, M.M kepada Medikomonline.com via pesan WhattApp.

 

"Semua ini berkat arahan setiap saat Bupati Ciamis yang telah mengabdikan dirinya untuk kemajuan daerah selama masa jabatannya sehingga berhasil meraih penghargaan tertinggi akibat inovasi dan program yang diluncurkannya, " Ucap Kadis DPRKLH. 

 

"Dirinya pun berterima kasih kepada semua pihak di Kabupaten Ciamis yang telah memperkuat peran Pasukan Kebersihan dan Pertamanan (Pasukan Ungu) DPRKPLH Kabupaten Ciamis dalam membangun kebiasaan positif terkait pengelolaan sampah.

 

Selain itu melalui kerja sama yang erat antara OPD, Camat, Kepala Desa/Kelurahan, Pengelola Bank Sampah, Relawan Peduli Lingkungan, Adiwiyata, Proklim, Tim Duitin, serta Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) telah mampu mengubah pola pikir dan tindakan sehari-hari mereka terhadap sampah, " Pungkasnya.

 

Atas dasar kerja keras dan komitmen yang kuat, Bupati Ciamis telah berhasil meningkatkan kualitas lingkungan dan menciptakan pola pikir yang peduli akan kebersihan di tengah masyarakatnya.

 

Penghargaan Anugerah Adipura Kencana bukan hanya sekedar pengakuan atas keberhasilan Bupati Ciamis dalam menjaga kebersihan lingkungan, tetapi juga merupakan bukti nyata bahwa kepemimpinan yang berkualitas dan berorientasi pada pelayanan masyarakat dapat menghasilkan perubahan yang positif.

 

"Penghargaan Anugerah Adipura Kencana ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis sekaligus mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas partisipasi dan dukungan semua pihak dalam mewujudkan Kabupaten Ciamis yang bersih, sehat dan bernilai" Ucap Bupati.

 

Bupati Herdiat juga mengajak untuk terus mempertahankan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) kepada seluruh warga masyarakat yang diawali dari diri sendiri, keluarga, lingkungan serta masyarakat secara keseluruhan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

 

Penghargaan di penghujung jabatannya ini menambah kilau prestasi bagi Bupati Ciamis, yang telah menjalankan tugasnya dengan penuh integritas dan dedikasi.

 

"Prestasi ini juga memberikan inspirasi bagi para pemimpin masa depan untuk terus berusaha dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan, "Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita, Galuh Nanjeur Ciamis Tangguh", " Tutup Bupati.

Tag : No Tag

Berita Terkait