Loading

Pangdam III Siliwangi/Pembina NPCI Pecut Semangat Para Atlet Disabilitas


Penulis: Heru Pramono/Editor: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 678 kali


1. Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto (kedua dari kanan) Penasehat NPCI Jawa Barat, Supriatna Gumilar (kedua dari kiri) dan Kadispora Jawa Barat, Endang (kiri)

Ketua Umum NPCI Provinsi Jawa Barat: Terenyuh dan Bangga Motivasi yang Luar Biasa

BANDUNG, Medikomonline.com Jelang Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) yang akan digelar di Papua, November 2021 mendatang, para calon atlet Pelatda Nasional Paralimpic Committe Of Indonesia (NPCI) atau atlit disabilitas Provinsi Jawa Barat dikunjungi langsung pembina NPCI Jawa Barat, Selasa (26 Mei 2021) malam di Hotel Arion Swiss, Kota Bandung. 


Pangdam III Siliwangi sekaligus Penasehat NPCI Jawa Barat, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto memberikan sambutan

Pangdam III Siliwangi Provinsi Jawa Barat sekaligus Pembina NPCI Propinsi Jawa Barat, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dalam kunjunganya, memberikan motivasi langsung kepada para atlet disabilitas yang hendak ikut ke jenjang tingkat nasional itu.  

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, setelah beberapa bulan mendapat latihan khusus dipusatkan di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, para atlet tengah mempersiapkan dengan baik. Dirinya pun mengatakan rasa terima kasih buat jajaran pengurus dan para atlet yang hendak bertanding di tingkat Nasional di Papua November 2021 mendatang.

Sebagai Dewan Pembina NPCI Jawa Barat, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengapresiasi semangat seluruh atlet Pelatda Jabar yang memiliki semangat luar biasa.

"Rekan-rekan kita dari NPCI Jabar, sangat luar biasa semangatnya, pagi siang malam latihan dan mereka menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat," katanya.

Menurut Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, melihat semangat yang luar biasa para atlet, pihaknya optimis NPCI Jabar bisa meraih apa yang diharapkan.

"Kita doakan bersama-sama, mudah-mudahan apa yang kita harapkan untuk bisa memenangkan ajang Peparnas di Papua nanti," jelasnya.

Semua warga Jawa Barat, kata Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, akan memberikan motivasi dan semangat kepada semua atlet Peparnas Jabar.

"Doa Warga Jabar akan menjadi kekuatan para atlet saat bertanding nanti, makanya kita harus bersiap dan terus berlatih," tuturnya.

Masih dari Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, pihaknya terus memonitoring perkembangan seluruh atlet dengan mengunjungi seluruh cabor.

"Perkembangannya pasti terus dimonitor, dan kebetulan banyak cabor yang menggelar latihan mempergunakan fasilitas Kodam III Siliwangi," ungkapnya.

Dengan semangat berlatihnya para atlet NPCI Jabar, kata Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, menjadi motivasi untuk meraih Jabar juara lahir batin.

"Ini semangat dan motivasi untuk meraih prestasi Jabar juara, semangat berlatih, berlatih, berlatih dan berlatih untuk memperoleh kemenangan," pesannya.

Kadispora Jabar Engkus Sutisna menjelaskan, sejak tahun 2020 lalu, Pemprov Jabar sudah mendukung persiapan NPCI Jabar untuk mempersiapkan atlet jelang pelaksanaan Peparnas Papua.

"Meski di masa pandemi, kita pasti selalu memberikan dukungan kepada seluruh atlet menjelang pelaksanaan Peparnas nanti, tinggal kesiapan dari atletnya itu sendiri," katanya.

Engkus menjelaskan, hasil evaluasi yang dilakukannya, dampak dari pandemi Covid-19, banyak atlet yang kejenuhan. Sehingga, menjadi tantangan utama bagi para atlet.

"Mungkin karena kondisi saat ini, karena dampak pandemi Covid-19. Maka, kejenuhan sedang melanda para atlet, ini hasil evaluasi kami," tuturnya.

Menurut Engkus, sesuai keputusan pada APBD tahun 2021, Pemprov Jabar sudah mengalokasi Rp 50 miliar untuk kegiatan NPCI Jabar untuk di Papernas Papua.

Dan Rp 50 Miliar untuk mendukung NPCI Jabar sudah kita perhitungkan, mulai persiapan hingga operasional keberangkatan ke Papua," tuturnya.

Engkus mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah NPCI Jabar yang sudah berusaha menggali inovasi dan kolaborasi bersama sektor swasta.

"Sebagaimana kita ketahui kondisi anggaran saat ini, kami apresiasi inovasi dan kolaborasi NPCI Jabar dengan sektor swasta. Itu sesuai keinginan pak Gubernur, Jabar Juara itu ditempuh dengan cara inovasi," akunya.

Engkus menambahakan, meski dalam kondisi anggaran yang terdampak covid-19, pihaknya pasti akan mempertimbangkan hal yang berkaitan dengan atlet Jabar.

"Walau dalam kondisi anggaran seperti ini, kita pasti akan memikirkan seluruh kegiatan yang menyangkut Jawa Barat. Yang pasti, Pemprov Jabar akan selalu memberikan dukungan," katanya.

Selain memberikan dorongan dan dukungan persiapan dan pelaksanaan Peparnas nanti, pihaknya juga sudah memperhatikan kesehatan seluruh atlet Jabar.

"Pemprov Jabar sudah memberikan dua kali vaksinasi kepada seluruh atlet Jabar, baik dibawah naungan KONI ataupun NPCI," tegasnya.

1.     Supriatna Gumilar Ketua Umum NPCI Jawa Barat

Sementara itu, Supriatna Gumelar Ketua Umum NPCI Provinsi Jawa Barat mengatakan, dirinya sangat terenyuh hatinya, merasa senang dan bangga atas kehadiran Pangdam III Siliwangi selaku Dewan Penasehat NPCI Jawa Barat dan Kadispora Jabar.

"Kunjungan Pangdam sebagai pembina NPCI tentunya akan menjadi modal yang kuat dan saya yakin atlet akan termotivasi," katanya.

Dengan kunjungan tersebut, kata Supri sapaan akrab Ketum NPCI Jabar, secara otomatis darah TNI akan mengalir di tubuh seluruh atlet. Selain itu, juga menjadi alternatif untuk memicu latihan supaya mewujudkan Jabar juara lahir batin.

"Kunjungan Bapak Pangdam sebagai pembina NPCI, saya optimis seluruh atlet mendapat motivasi dan semangat untuk meraih Jabar juara lahir batin di Peparnas di Papua nanti,” imbuhnya.

Dirinya pun mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemprov Jawa Barat melalui Kadispora Jabar yang sudah turut membantu secara anggaran. Dan anggaran ini pun akan digunakan sebaik-baiknya.

Masih dari Supriatna Gumilar, bahwa semuanya ada dua belas cabang olahraga yang akan dilombakan, hanya saja untuk Jawa Barat akan merapatkan kembali berapa cabor yang akan ikut.

Sementara pelatihan sudah kami siapkan sejak Januari bulan kemarin hingga sekarang masih aktif dilakukan pelatihan secara serius. Karena target kami menjadi juara umum nanti di Papernas di Papua. Kami meminta pula doa dari semua pihak, bahwasannya kami nanti November mendatang akan mengikuti lomba tingkat nasional ini dengan hasil sempurna,” pungkasnya. 



Tag : No Tag

Berita Terkait