Loading

Pansus II Konsultasikan TPPAS Regional Legok Nangka ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional


Penulis: IthinK
2 Tahun lalu, Dibaca : 574 kali


Pansus II DPRD Jawa Barat melakukan konsultasi ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional terkait pembahasan kerjasama TPPAS Regional Legok Nangka. (Foto: Reza/Humas DPRD Jabar).

JAKARTA, Medikomonline.com - Dalam rangka penyusunan kerjasama pemanfaatan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Legok Nangka, Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Jawa Barat berkonsultasi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas yang dilaksanakan secara virtual di Kantor Badan Penghubung Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Kamis (03/06/2021).

Ketua Pansus II DPRD Jawa Barat Abdy Yuhana mengatakan, sebagai salah satu proyek strategis nasional TPPAS Regional Legok Nangka hadir sebagai upaya untuk menanggulangi permasalahan sampah di 6 pemerintah kabupaten dan kota.

Adapun 6 pemerintah kabupaten/kota tersebut di antaranya Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Garut.

“TPPAS Regional Legoknangka ini merupakan proyek strategis nasional dalam upaya menanggulangi sampah khususnya di wilayah Bandung Raya dan harus berbasis PSEL,”  kata  Abdy Yuhana usai memimpin kunjungan kerja Pansus II di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kamis (03/06/2021).

“Namun setelah kami konsultasi dengan Bappenas, kami menemukan titik temu bahwasannya dengan konsep Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dimungkingkan masih bisa dilakukan open teknologi. Artinya masih terbuka ruang bagi teknologi yang lain untuk bisa difungsikan di TPPAS Regional Legoknangka ini dan tidak akan menyalahi aturan yang sudah ada,” tambahnya.

Setelah pihaknya melakukan konsultasi dengan Kementerian PPN/Bappenas, Pansus II akan segera melakukan komunikasi lanjutan dengan Pemerintah Provinsi  Jawa Barat dan pemerintah daerah terkait tentang rencana pengaoperasiaan TPPAS Regional Legok Nangka. 

Tag : No Tag

Berita Terkait