Loading

Camat Cibarusah Rusdi Azis Pimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke -78, Dimeriahkan Karnaval Desa


Penulis: Iwan Gunawan
8 Bulan lalu, Dibaca : 268 kali


Camat Cibarusah Rusdi Azis jadi Inspektur Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-78.

BEKASI, Medikomonline.com - Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Camat Cibarusah Rusdi Azis jadi Inspektur upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan pada hari Kamis (17/08/2023) di lapangan Sepakbola Stadion Mini Cibarusah Kota.

Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan oleh Paskibraka Kecamatan Cibarusah terdiri dari siswa-siswi pilihan hasil seleksi dari SLTA di Kecamatan Cibarusah.

Paskibaraka sangat kompak dan disiplin serta dapat melaksanakan tugasnya sebagai Paskibraka dengan sangat baik dan benar. Bendera Merah Putih pun dapat berkibar.

Paskibraka Kecamatan Cibarusah didik dan dilatih dengan kedisiplinan baris berbaris dan cara mengibarkan Bendera Merah Putih dengan baik dan benar. Para anggota Paskibraka dilatih dan didik oleh anggota Koramil Cibarusah.

Petugas pembacaan teks Pancasila oleh Kapolsek Cibarusah AKP Arie Andhika Silamukti dan diikuti oleh semua peserta upacara. Pembacaan teks UUD 1945 oleh DanRamil Cibarusah Kapten Chb Agus Tri Joko dan pembacaan teks Proklamasi oleh Kepala Desa Ridogalih Komarudin.

Sambutan Camat Cibarusah Rusdi Azis dari PJ. Bupati Bekasi H. Dani Ramdan di antaranya perayaan HUT RI Ke-78 mengusung tema, "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju," ini merupakan sebuah panggilan yang mendalam bagi kita semua untuk terus berkomitmen dan bekerja keras demi mewujudkan Indonesia yang lebih maju, sejahtera dan berkeadilan.

Semangat kemerdekaan yang telah mengantarkan kita sampai pada titik ini harus kita jaga dan kita pupuk dengan penuh semangat dan dedikasi. Tema tersebut juga menggambarkan kebangkitan Bangsa Indonesia yang terus bergerak dalam kerja-kerja nyata membangun Indonesia maju.


Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya, potensi sumber daya alam, serta keberagaman yang menjadi kekuatan utama.

“Sebagai Penjabat Bupati Bekasi, saya merasa bangga dan terhormat karena Kabupaten Bekasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan bangsa, dan hingga saat ini terus menerus memberikan kontribusi yang bermakna bagi kemajuan perekonomian nasional,” ungkap Dani Ramdan.

Dalam memperingati hari bersejarah ini, kita tidak hanya merayakan kemerdekaan, tetapi juga merenungkan dan merumuskan langkah-langkah nyata menuju kemajuan yang lebih berarti.

“Pada momen ini, mari kita perkuat semangat gotong-royong dan persatuan, yang juga menjadi tema dalam peringatan hari jadi Kabupaten Bekasi Ke-73 yang baru saja kita peringati beberapa hari yang lalu, yakni "Makin Berani Berkolaborasi Dan Berinovasi Untuk Memperkuat Ekonomi Dan Harmoni,” ujarnya.

Melalui kolaborasi yang sinergitas antara pemerintah, masyarakat, sektor swasta, dan seluruh stakeholder terkait, kata Bupati, kita akan mampu menghadapi berbagai tantangan dan meraih berbagai peluang yang mengarah pada kemajuan.

Seperti yang telah dilakukan di Kabupaten Bekasi yakni melalui inovasi toko daring Bekasi Berani Beli (BEBELI), di dalam aplikasi Bebeli ini sudah bergabung lebih dari 1.000 UMKM lokal Kabupaten Bekasi. Sejak diluncurkan di awal tahun lalu nilai transaksinya sudah mencapai puluhan miliar. 


Inovasi ini mampu memberikan efek yang berdampak ke berbagai sektor, baik dari segi peningkatan UMKM, ekonomi serta digitalisasi. Tak hanya itu, kemarin bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Bekasi Ke-73 juga telah diluncurkan program stempel setia, yang merupakan sebuah sebuah sistem pengolahan sampah di hulu dengan metode Hermatia.

Inovasi ini juga melibatkan sinergitas dari berbagai stakeholder, terutama dari sektor pendidikan, dan menghasilkan sebuah solusi untuk permasalahan yang sudah menahun.

Di bidang koperasi kita telah mendorong lahirnya Perda Koperasi juga Perda perlindungan Pasar Tradisional.

Di bidang pariwisata, saat ini kita juga sedang menggenjot pengembangan wisata industri sebagai wisata minat khusus yang akan menjadi keunikan dan daya tarik kepariwisataan di Kabupaten Bekasi.

“Di samping obyek-obyek wisata alam maupun buatan yang saat ini telah berkembang, kita harapkan langkah-langkah kecil ini setapak demi setapak kita tempuh, untuk menghasilkan sesuatu yang besar bagi tanah Kabupaten Bekasi yang kita cintai,” tegas Dani Ramdan.

Penjabat Bupati juga mengajak secara bersama-sama menjaga keutuhan NKRI dengan memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat Kabupaten Bekasi, serta menjunjung tinggi semangat persatuan dan gotong-royong.

“Terakhir marilah kita memanjatkan doa kepada Allah SWT, semoga Indonesia senantiasa dalam lindungan dan rahmatnya. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesabaran untuk terus berjuang demi mewujudkan Indonesia yang maju, adil dan sejahtera bagi semua lapisan masyarakat.

“Demikianlah yang dapat saya sampaikan, sekali lagi saya mengucapkan, Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-78 tahun, sekali Merdeka Tetap Merdeka. Terima kasih atas perhatiannya, Bilahittaufik Wal Hidayah Waalaikum Salam WR WB,” katanya.

Do'a penutup dibacakan oleh Tokoh Agama Cibarusah K.H. Raden Jamaludin An'nawawi, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Baqiyatusholihat Cibogo.

Pawai Karnaval

Acara dilanjutkan dengan pawai karnaval yang sangat ramai dan meriah banyak ditonton oleh ribuan warga masyarakat yang sangat antusias ingin melihat dan menyaksikan secara langsung  dari beberapa desa.

Desa Cibarusah Kota pawai karnaval menampilkan hiasan tank baja, barongsai, mobil hias, perahu hias dan pakaian perang khas TNI.

Kades Cibarusah Kota Iwan Setiawan dan istrinya serta warga naik tank baja sambil berjoget serta nyawer uang kepada warga masyarakat yang nonton.

Pawai Karnaval dari Desa Cibarusah Jaya, Kades Cibarusah Jaya Abu Bakar sambil berjoget diiringi musik dan nyawer uang kepada warga.

Karnaval dari Desa Cibarusah Jaya menampilkan pawai hias karnaval odong- odong. Mobil dihias dari hasil tani asli warga Desa Cibarusah Jaya, dong-dang, membawa bendera merah putih sepanjang 150 meter yang dibentangkan oleh para siswa-siswi Al-Amin Cibarusah Jaya.

Diikuti pawai karnaval dari Desa Ridogalih, menampilkan karnaval MOBIL hias diiringi musik jaipongan, pencak silat. Kades Ridogalih Komarudin berjoget sambil berjalan  nyawer uang kepada warga diiringi musik, serta warga Desa Ridogalih mengiringi pawai karnaval yang sangat meriah.

Kemudian diikuti oleh pawai karnaval dari Desa Sirnajati, menampilkan pesawat hias helikopter dan kerbau hias. Kades Sirnajati H. Ridwan Sunarya ( H.Samid) sambil berjoget dan nyawer uang kepada warga. Kades H.Samid terus berjoget ria diiringi musik dan diikuti  wargannya.

Diikuti Kades Ridomanah Oden sambil berjoget nyawer uang, pawai karnaval yang sangat meriah.

Dilanjutkan dengan acara pembagian hadiah, kepada para pemenang lomba di antaranya lomba gerak jalan, lomba volly putri, lomba tumpeng.

Juara 1 tingkat umum gerak jalan Cibarusah Jaya. Juara 1 Volly Desa Sindangmulya, Juara 2 Volly Desa Wibawamulya, Juara 3 Volly Desa Cibarusah Kota.

Juara Tumpeng ke-1 Puskesmas Cibarusah dan Juara Tumpeng ke-2 Wibawamulya. Masing-masing juara mendapatkan piala dan piagam penghargaan yang diserahkan langsung secara berurutan oleh Camat Cibarusah Rusdi Azis, Kapolsek Cibarusah AKP Arie Andhika Silamukti, dan DanRamil Cibarusah Kapten Chb Agus Tri Joko. (Iwan Gunawan) 

Tag : No Tag

Berita Terkait