Loading

Ciamis Raih WTP 10 Kali Berturut-turut


Penulis: Herz_Cms.
11 Bulan lalu, Dibaca : 215 kali


Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M. Menerima Langsung Penghargaan WTP dari BPK - RI, Jumat (05/5/2023) di Bandung, Jawa Barat.

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com – Sebuah prestasi Pemerintah Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat yang patut sangat dibanggakan dan dipertahankan dalam aspek menyajikan laporan keuangan daerah kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK - RI).

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Ciamis dijabat Bupati sebelum Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M. mampu meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK - RI, di masa jabatannya sudah empat tahun berjalan ini pun masih mampu mempertahankan gelar predikat WTP secara berturut-turut.

Penghargaan itu pun diterima langsung oleh Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M., Jumat siang (05/5/2023) di Bandung dari Perwakilan BPK - RI Jawa Barat.

Predikat opini WTP tersebut disampaikan kepala BPK RI Perwakilan Jawa Barat Paula Henry Simatupang S.E, M.Si.,Ak.,CA.,CFrA.,CSFA.,CPA(Aust), ACPA dalam acara penyerahan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemerintah Daerah yang diikuti oleh tiga Kabupaten/Kota, yaitu Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis menyampaikan apresiasi atas raihan Opini WTP tersebut. Ia mengatakan WTP ini merupakan hasil dari kerja sama semua pihak dan warga Kabupaten Ciamis. Sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah daerah terhadap APBD Tahun 2022.

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, MM Menandatangani Hasil Pemeriksaan Keuangan Daerah di Hadapan Pejabat BPK - RI.

Apresiasi ini juga disampaikan kepada BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat yang telah menjalankan fungsinya dalam melakukan pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Daerah secara independen, objektif dan profesional berdasarkan standar pemeriksaan untuk menilai kebenaran, kecermatan, akuntabilitas dan keandalan informasi mengenai pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan pada semua tingkatan Perangkat Daerah.

"Raihan kembali opini WTP ini menunjukkan bahwa laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2022 telah disusun berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah," ucapnya.

Meskipun begitu, Bupati menuturkan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis perlu menindaklanjuti rekomendasi serta arahan-arahan BPK untuk perbaikan ke depannya dan menyelesaikan rekomendasi tersebut dalam waktu yang telah ditentukan.

"Kami Pemda berupaya semaksimal mungkin menyajikan tata kelola pemerintahan termasuk penyajian keuangan negara ini dengan baik, walaupun memang masih terdapat kekurangan," tuturnya.

"Mudah-mudahan dengan bimbingan dan arahan tim pemeriksa ini dapat meluruskan apa yang kita kerjakan," harapnya.

Bupati pun berharap opini WTP ini benar-benar merupakan opini berkualitas dan dapat mendongkrak indikator makro di daerah khususnya di Kabupaten Ciamis.

"Kami sangat merasakan bahwa opini WTP ini sangat terasa membantu baik itu dalam IPM. Laju Pertumbuhan Ekonomi, penurunanan angka kemiskinan dan penurunan angka pengangguran terbuka, serta pemulihan ekonomi pada umumnya," terang Bupati.

Terakhir, Bupati Herdiat juga berharap agar para Kepala Perangkat Daerah bersikap kooperatif dan proaktif, serta dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Kabupaten Ciamis kedepan.

"Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih pada BPK dan menghaturkan permohonan maaf jika selama ini banyak sekali kekurangan, terutama terkait data-data yang dibutuhkan," pungkas Bupati.

Tag : No Tag

Berita Terkait