Loading

Desa Sukasejati Wakili Kabupaten Bekasi di Lomba Pemanfaatan Lahan Pekarangan Tingkat Provinsi Jabar.


Manah/Agus
10 Bulan lalu, Dibaca : 255 kali


MANAH/AGUS/MEDIKOMONLINE.COM. Foto : saat tim recheking dari provinsi Jawa Barat meninjau langsung lokasi rumah yang memanfaatkan lahan pekarangannya sebagai sumber gizi keluarga.

CIKARANG SELATAN, Medikomonline.com - Desa Sukasejati Kecamatan Cikarang Selatan mewakili Kabupaten Bekasi dalam lomba Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Sumber Gizi Keluarga ke tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023. Bahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi Dedy Supriadi optimistis dalam lomba Pemanfaatan Lahan Pekarangan tersebut bisa meraih juara. Kita pasrahkan saja kepada tim recheking untuk menilainya.

Menurut Sekda, melihat antusiasme yang ditunjukkan masyarakat maupun kader PKK dalam menyiapkan lokasi lomba pemanfaatan lahan pekarangan ini patut diapresiasi. Mudah-mudahan bisa menjadi yang terbaik.

Maksud dan tujuan kegiatan rechecking ini untuk menumbuhkan kesadaran serta partisipasi penuh dari seluruh warga masyarakat agar memanfaatkan ruang pekarangannya. Dibantu peran serta para kader PKK di wilayah masing-masing untuk memberikan pembelajaran, pelatihan, serta pembinaan.

"Diharapkan desa-desa lain yang ada di Kabupaten Bekasi dapat mereplikasi kegiatan positif ini sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan keluarga minimal untuk memenuhi asupan nutrisi dan protein sehari-hari tanpa harus membeli," ujar Sekda, seusai menerima kunjungan tim rechecking Provinsi Jawa Barat di rumah warga Desa Sukasejati yang dijadikan lokasi lomba, pada Rabu (31/05/2023)

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria Dani Ramdan mengungkapkan, hasil panen dari pemanfaatan lahan pekarangan tersebut baik hasil tanaman maupun hasil budidaya ikan, ikan lele, mujair dan lainnya bermanfaat untuk memenuhi asupan gizi, terutama bagi keluarga pra sejahtera sebagai upaya mengurangi angka stunting di Kabupaten Bekasi. 

"Memang diupayakan tidak hanya ditanam, tetapi juga dilakukan pengolahan agar bisa dikonsumsi dengan baik, seperti ikan lele yang diolah menjadi puding. Dan ini diharapkan dapat meningkatkan kebutuhan gizi terutama dilingkungan keluarga untuk selanjutnya disosialisasikan di setiap rumah yang ada di Kabupaten Bekasi" ucapnya

Ria menambahkan, TP PKK Kabupaten Bekasi berkolaborasi dengan stakeholder terkait terus mensosialisasikan terkait pemanfaatan lahan pekarangan rumah tersebut agar diterapkan oleh warga di kecamatan lainnya. Berkenaan dengan program pemerintah daerah dalam pemanfaatan pangan mandiri untuk kesejahteraan keluarga.

"Kami juga melibatkan Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dalam membimbing, membina, serta mengarahkan bagaimana cara merawat, memupuk. Sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," jelas Ria Sabaria.

Ditempat yang sama Camat Cikarang Selatan, Muhammad Said mengapresiasi serta mendukung penuh kontribusi warga bersama dengan aparatur Desa Sukasejati yang telah menjadikan lahannya sebagai lokasi lomba juga model percontohan bagi desa/kecamatan lainnya dalam memanfaatkan pekarangan rumahnya. 

"Kami bekerjasama dengan aparatur desa setempat selain mendukung, juga memberikan pendampingan dan pengarahan supaya masyarakat lain sadar, mandiri, dan juga produktif untuk memanfaatkan lahan pekarangannya" terangnya

Kedepan, lanjut Said, dirinya akan berkomunikasi dengan pelaku usaha yang ada di wilayahnya agar dapat ikut serta berkontribusi aktif membantu masyarakat dalam program lingkungan maupun kesehatan. 

"Tentu ada dukungan dari mereka seperti membantu posyandu kemudian bibit-bibit tanaman meskipun harus diakui masih banyak yang belum ikut membantu secara maksimal. Nanti kita coba komunikasikan ke perusahaan-perusahaan lainnya" tutupnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait