Loading

Naik Alat Berat Borepile Pj Bupati Bekasi Groundbreaking dimulainya Perbaikan Jembatan Cipamingkis


Manah
3 Bulan lalu, Dibaca : 162 kali


MANAH/IWAN/MEDIKOMONLINE.COM Foto : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Kadis SDABMBK, Muspika Kecamatan Cibarusah dan tokoh masyarakat, saat meninjau pembangunan jembatan Cipamingkis, pada Jum'at

CIBARUSAH, Medikomonline.com – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan naik Alat Berat Borepile, di acara groundbreaking perbaikan pembangunan Jembatan Cipamingkis Kecamatan Cibarusah, pada Jum'at (17/05/2024). Acara ini sekaligus dimulainya perbaikan pembangunan jembatan yang menghubungkan antara  Desa Cibarusah kota dengan Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan jika pengajuan perbaikan jembatan tersebut sudah dua tahun berjalan. Karena ada covid dan Pemilu, pembangunan jembatan tersebut baru bisa dilaksanakan tahun ini dan ditargetkan rampung di akhir tahun ini.

"Tahun ini kami sepakat dengan DPRD Kabupaten Bekasi untuk mengalokasikan perbaikan jembatan. Mudah-mudahan tidak terlambat, kalau terlambat, khawatir diujung sana ambruk (wilayah desa Sirnajat). Jadi kita usahakan akhir tahun ini bisa selesai,” paparnya.

Rencananya, untuk mencegah penurunan tanah longsor, tebing jembatan pada kedua sisi menjadi prioritas yang harus diperbaiki. Bahkan, Pemkab Bekasi juga sudah bersurat ke Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) untuk rekomendasi pembangunan turap penahan tebing rawan longsor di sepanjang sungai Cipamingkis.

"Oleh karena itu nantinya kita akan mengambil sikap dengan meminta izin ataupun rekomendasi dari BBWSCC, untuk kita tangani dari APBD Kabupaten Bekasi, karena kalau dibiarkan, bisa lebih merugikan masyarakat,” ujarnya.

Dani juga menyampaikan, untuk metode pembangunan jembatan, pengadaannya melalui e-katalog. Dengan begitu tidak lagi memilih penyedia dengan harga termurah, tetapi penyedia yang mampu memberikan jaminan pemeliharaan yang lebih panjang atau lama.

“Jadi tidak ada tender yang sifatnya banting harga. Kita tidak lagi memilih penyedia dengan harga termurah. Dengan asumsi kalau mereka siap melakukan pemeliharaan lebih lama berarti kualitasnya bagus, karena kalau dia bangun asal-asalan pasti akan singkat kadar kerusakannya,” terang Dani.

“Jadi kita akan tuntut untuk memperbaiki jembatan itu, dengan metode ini terbukti dipembangunan jalan lebih awet sehingga dengan pola seperti ini, anggaran kita lebih efisien,” tambahnya.

Sementara itu, kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, berharap perbaikan jalan ini dapat merehabilitas pembangunan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Tujuannya agar konektivitas antara Desa Cibarusah Kota dan Desa Sirnajati berjalan dengan lancar.

"Tujuan dilaksanakannya perbaikan ini untuk merehabilitasi pembangunan yang sudah dilaksanakan sebelumnya agar konektivitas antara Desa Cibarusah Kota dan Desa Sirnajati tetap berjalan lancar,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Camat Cibarusah Rusdi Azis menjelaskan, dari pemerintah Kecamatan Cibarusah mengucapkan terima kasih atas kesediaan bapak Pj Bupati Bekasi berkenan hadir di kecamatan cibarusah khususnya di jembatan cipamingkis yang menghubungkan wilayah perbatasan antara desa cibarusah kota dengan desa sirnajati. 

Dikatakan Rusdi, mungkin sudah banyak di ketahui bahwa Kecamatan Cibarusah sangat identik dengan bencana longsor. Untuk bencana banjir kecamatan cibarusah sangat minim sekali. Walaupun ada hanya sepintas saja, air yang cepat datang tapi cepat juga pergi.

"Alhamdulillah hari ini Jum'at 17 Mei 2024 Pak Pj Bupati Bekasi, datang untuk groundbreaking pertanda dimulainya pembangunan Jembatan Cipamingkis, yang waktu pembangunannya dari bulan Mei sampai Desember 2024," tutupnya.(Manah/Iwan/Agus)

Tag : No Tag

Berita Terkait