Loading

Desa Nagacipta Tingkatkan Pelayanan dan Tertibkan Administrasi dalam Kegiatan Lomba Desa Tingkat Kecamatan Serang Baru 2024


Agus
12 Hari lalu, Dibaca : 83 kali


AGUS/MEDIKOMONLINE.COM Foto : Tim Penilai Lomba Desa sedang melakukan pemeriksaan administrasi.

SERANG BARU, Medikomonline.com - Desa Nagacipta mengikuti kegiatan lomba desa tingkat Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi Tahun 2024, yang dilaksanakan di Kantor Desa Nagacipta, pada Senin (22/4/2024).

Kepala Desa Nagacipta Jabar mengucapkan selamat datang kepada tim lomba desa kecamatan serang baru beserta rombongan. Tentunya dalam penilaian lomba desa ini bisa lebih baik administrasinya dan pelayanan terhadap warganya lebih baik dan meningkat dari sebelumnya. 

"Saya berharap kegiatan lomba desa ini benar-benar jadi dasar untuk lebih memperbaiki segala bentuk administrasi, baik manual maupun secara digital," terangnya. 

Sementara itu Sekcam Serang Baru Irwan Kurniawan  yang menyampaikan amanat Camat menjelaskan, dalam rangka penilaian keberhasilan pembangunan di suatu desa.l, tentu saja perlu dilakukan perlombaan desa, secara terarah, terkoordinasi terpadu dan berkelanjutan.

"Karena perlombaan desa merupakan Evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat desa yang bersangkutan," jelasnya.

Lebih lanjut Irwan menyampaikan, berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi pembangunan desa dan kelurahan yang mempunyai ruang lingkup yaitu Perlombaan Desa dan Kelurahan dan Pekan Inovasi Nasional. Maka Camat Serang Baru dengan surat perintah Nomor KP.11.01/193/KEC.SERBA/IV/2024, tanggal 19 April 2024, telah membentuk tim penilai lomba desa tingkat Kecamatan tahun 2024. Tim ini bertugas untuk melakukan penilaian terhadap desa-desa se kecamatan serang baru tahun 2024 sebagai bahan rapat pleno penentuan juara 1, 2 dan 3. Selanjutnya desa yang menjadi juara 1 berhak mewakili kecamatan serang baru diajang lomba desa tingkat Kabupaten Bekasi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan : Efektivitas dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa, Sinergitas antara Pemerintah Desa dengan BPD dan Lembaga Desa Lainnya, Efektivitas Penganggaran Penggunaan Dana dalam APBDes, Sinergitas Pemerintah Desa dengan OPD, TNI serta Polri, Pembinaan BUMDES, Pembinaan Seni dan Budaya Masyarakat, Pembinaan Pemuda/Pelajar Desa, Perhatian Terhadap Pendidikan, dan Perhatian Terhadap Dunia Kesehatan.

"Pada Senin ini jadwalnya untuk Desa Nagasari dan Nagacipta, yang terpenting dalam lomba desa ini adalah semakin meningkatnya pelayanan terhadap masyarakat dan semakin tertib administrasinya," harap Deni. (Agus)

Tag : No Tag

Berita Terkait