Loading

Disdukcapil bersama SKPD Kabupaten Bekasi dan Kecamatan Cibarusah Kolaborasi Gelar Botram


Manah Sudarsih
2 Bulan lalu, Dibaca : 221 kali


MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM Foto : rangkaian kegiatan Botram di Stadion Mini Kecamatan Cibarusah, pada Sabtu (24/02/2024)

CIBARUSAH, Medikomonline.com - Untuk mendekatkan Pelayanan terhadap masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Kecamatan Cibarusah menggelar kegiatan Kolaborasi Terus Melayani (Botram), yang dilaksanakan di Stadion Mini Desa Cibarusah Kota Kecamatan Cibarusah, pada Sabtu (24/2/24).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi mengatakan, Untuk kesekian kalinya Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Disdukcapil memberikan kemudahan kepada masyarakat melalui program Berkolaborasi Terus Melayani (BOTRAM).

program Botram ini untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi yang dibutuhkan, yang dilayani langsung di satu tempat. Seperti pelaksanaan Botram Sabtu ini di Kecamatan Cibarusah, yang kemudian ditanggal 9 Maret Botram di laksanakan di Kecamatan Cikarang Barat.

"Dengan adanya Botram, masyarakat Cibarusah khususnya cukup datang ke satu tempat di Stadion Mini, agar bisa mengakses berbagai pelayanan, mulai dari administrasi kependudukan, Pos Indonesia, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PMI, Bank Bjb, serta Rumah Sakit," paparnya. 

Setda Dedy Supriyadi menuturkan, pada program Botram kali ini antusias masyarakat begitu tinggi dalam pembuatan dokumen administrasi kependudukan yang dapat diselesaikan dalam waktu yang cepat. 

"Kita lihat dari pagi hingga siang ini antusias masyarakat sangat luar biasa, mereka antri untuk memanfaatkan pelayanan, karena masyarakat memang membutuhkan," katanya. 

Ia berharap kegiatan Botram menjadi agenda rutin yang akan terus dilaksanakan setiap bulan di setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi. 

"Acara tanggal 9 Maret nanti kan menjelang bulan suci Ramadhan, insya Alloh kemungkinan akan kita tambahkan dengan operasi pasar (pasar murah)," tuturnya.

Sementara itu Camat Kecamatan Cibarusah Rusdi Azis menjelaskan, seperti yang sudah diagendakan, pada hari ini Sabtu 24 Pebruari pelaksanaan (Botram) Berkolaborasi Terus Melayani yang dilaksanakan untuk pertama kalinya di wilayah kecamatan cibarusah.

"Data yang kami terima sekitar 35 SKPD atau dinas yang mengisi stan-stan yang telah disediakan, termasuk Bank BJB, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Pos Indonesia dan juga Rumah Sakit (RS)," ucapnya.

Dalam kegiatan Botram katanya lagi, banyak pelayanan yang diberikan, oleh semua dinas. Baik berkaitan dengan identitas kependudukan dan lainnya, bahkan ada bazar ikan murah di dinas perikanan.

"Alhamdulillah dari UMKM Kecamatan Cibarusah pun terus berpartisipasi mengikuti seperti di event ini," jelasnya.

Rusdi pun tegaskan, agar masyarakat kecamatan cibarusah mengetahui kegiatan Botram, pihak kecamatan melakukan woro-woro yakni pemberitahuan kepada masyarakat secara keliling.

"Saya berharap agar ditingkat masyarakat untuk segera mengurus identitas kependudukannya, termasuk masyarakat bisa mengurus KIS, dan semoga tiap tahun kegiatan Botram terus berlanjut," tutupnya. (Manah/Iwan)

Tag : No Tag

Berita Terkait