Loading

Musrenbang Sebagai Media Konsultasi Publik untuk Selaraskan Prioritas Pembangunan Desa dan Kecamatan


Manah
3 Bulan lalu, Dibaca : 94 kali


MANAH/MEDIKOMONLINE.COM Foto: rangkaian kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Bojongmangu tahun anggaran 2025, yang dilaksanakan di halaman kecamatan, Rabu (24/1/2024).

BOJONGMANGU, Medikomonline.com - Kecamatan Bojongmang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tahun Anggaran 2025 yang diselenggarakan di halaman Kantor Kecamatan Bojongmangu, pada Rabu (24/01/2024).

Plt Camat Bojongmangu, Sapto Noviantoro menyampaikan, capaian target pembangunan daerah lebih diprioritaskan dan didahulukan adalah peningkatan upaya penanggulangan kemiskinan.

"Ya, ini merupakan target yang paling utama yang harus diperhatikan dan ditangani secara serius, peningkatan mutu pendidikan dan peningkatan kesehatan bagi masyarakat, upaya peningkatan sumber daya manusia dengan pendidikan dan pelatihan untuk menghadapi daya saing tenaga kerja,” ujar Sapto Noviantoro kepada awak media, pada Rabu (24/1/2024).

Selain itu, lanjut Sapto, peningkatan daya saing daerah, dengan berfokus pada sektor peningkatan pertanian dan ketahanan pangan, peningkatan aksesibilitas daerah, peningkatan kualitas infrastruktur daerah terutama wilayah pedesaan serta meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pengembangan objek wisata lokal.

Sapto mengungkapkan sebanyak 370 usulan masuk dari enam desa yang ada di wilayah kecamatan Bojongmangu. Namun setiap desa memiliki 10 usulan skala prioritas.

Dia menilai jika Musrenbang merupakan media utama konsultasi publik untuk menyelaraskan prioritas pembangunan desa dan kecamatan. Tentunya dengan prioritas dan sasaran pembangun yang lebih berkualitas, sebagai pijakan pembangunan di daerah dapat berkesinambungan dan berkelanjutan.

“Musrembang ini, program yang telah, sedang dan akan kita lakukan dapat benar-benar menjadi upaya positif bagi kehidupan masyarakat Bojongmangu kearah yang lebih baik, maju dan sejahtera,” harapnya.

Pada Musrembang tahun lalu, ada sekitar  44 kegiatan yang terealisasi di wilayah Kecamatan Bojongmangu. 

“Musrenbang itu terbagi di enam desa, mudah-mudahan kedepan semua usulan yang menjadi sekala prioritas dapat terealisasi,” ucapnya.

Dalam kegiatan Musrenbang tahun 2024 ini hadir Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Tim Monitoring Musrenbang dari Bappeda Kabupaten Bekasi, kepala desa dan perangkat desa serta BPD se-Kecamatan Bojongmangu, TNI/POLRI, Kepala Sekolah PAUD, TK, SD, dan SMP serta unsur terkait lainnya. (Manah/Agus)

Tag : No Tag

Berita Terkait