Loading

Besar Peluang untuk Kuliah Sambil Bekerja di Jepang


Penulis: Dadan Supardan
4 Tahun lalu, Dibaca : 1250 kali


Penyampaian materi

BANDUNG, Medikomonline – Seminar dan Talkshow Pendidikan digelar secara maraton di SMKN 4 Kota Bandung, SMKN 2 Tasikmalaya, dan SMKN 1 Bojonggede Kabupaten Bogor. Kegiatan diinisiasi oleh Komunitas Karya Anak Bangsa berlangsung Selasa s.d. Kamis (7-9/1/2020) berkerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Sentra Global Edukasi (SGE) Indonesia, Sompo Insurance Indonesia, Okayama Institute of Language, Japan, dan Career Planning Jepang.

Tampil sebagai pemateri Ratna Indrayani Chief Marketing Officer Sompo Insurance Indonesia, Rudi Subiyanto CEO Sentra Global Edukasi Indonesia, Rizka Sungkar Direktur Sentra Global Edukasi Indonesia, Mr Okamura Yasushi Okayama Institute of Language, Japan, Mr Koji Yamakawa Career Planning, dan Dadan Supardan, pemerhati pendidikan. Dipandu oleh Iyang Project-P Darmawan sebagai moderator, Seminar dan Talkshow berlangsung semarak dan dialogis. Para peserta, siswa-siswi SMK dan SMA begitu antusias menyimak dan menanggapi paparan.

Ketua Komunitas Karya Anak Bangsa Dery Fitriadi Ginanjar menegaskan, kegiatan roadshow ini guna memberikan informasi kepada adik-adik siswa siswi SMA-SMK terkait dengan peluang belajar dan bekerja di negeri Jepang.

Sementara Rudi Subiyanto berharap agar siswa siswi SMA-SMK yang berminat ke Jepang tidak sekadar berorientasi mencari uang. Akan tetapi juga untuk meningkatkan pendidikan.

“Dengan demikian sepulangnya dari Jepang bisa membawa sertifikat/ijazah diploma atau sarjana,” tutur Rudi.

Terkait dengan teknis, persiapan, serta syarat-syarat yang mesti dipenuhi, banyak diuraikan oleh Mr Okamura, Mr Koji Yamakawa, dan Rizka Sungkar. Yang jelas, kecakapan bahasa Jepang menjadi hal utama. Dan itu bisa dibimbing baik sebelum berangkat maupun saat berada di Jepang.

Untuk masalah biaya, ada beberapa model. “Ada program beasiswa 100 persen. Ada juga beasiswa 50 persen,” ujar Rizka kepada Medikom.

Pada kesempatan tersebut, Ratna Indrayani lebih banyak menguraikan sikap dan komitmen peserta untuk meningkatkan kualitas diri agar siap menggapai peluang ke depan. Sebab, pada saatnya nanti, tampuk kepemimpinan, ataupun posisi karier di perusahaan akan diisi oleh generasi sekarang.

Tag : No Tag

Berita Terkait