Loading

Ketua PKBM Rayon 9 Ikut Mendampingi Kegiatan Sosialisasi Dapodik PAUD dan PKBM


Penulis: Nanang
2 Bulan lalu, Dibaca : 310 kali


Ketua Rayon 9 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBN),Elsa Wiganda, S.Pd., M.Pd., M.Si., MCE.

GARUT, Medikomonlin.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Garut menggelar rapat sosialisasi peningkatan kualitas satuan pendidikan PAUD, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Membantu pendampingan Kegiatan Sosialisasi/Pembinaan Dapodik 2024.C Tahun Ajaran 2024/2025 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bidang pembinaan PAUD Kabupaten Garut, Ketua Rayon 9 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBN),Elsa Wiganda, S.Pd., M.Pd., M.Si., MCE yang meliputi Kecamatan Cibalong, Pamengpeuk, Cikelet,Cisompet  menghadiri kegiatan tersebut bertempat di Kantor Korwil Cibalong Desa Karyamukti   Kecamatan Cibalong Jumat,(2/08/2024).

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat adalah lembaga pendidikan non formal yang dibentuk dari, oleh, dan tujuannya untuk masyarakat Indonesia terkhusus di wilayah Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat.

Ini adalah manfaat yang luar biasa ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan  PAUD dalam mengajar dan mendidik anak-anak diusia dini dalam pemahaman, hasil yang diperoleh dari Sosialisasi bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bidang pembinaan PAUD 

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memantapkan System Dapodik terbaru supaya semua elemen yang ada dalam PKBM menjadi paham.

Selain Elsa Wiganda ,hadir juga Korwil Kec. Cibalong (Drs. Tori, M.M.Pd), Pengawas Bina (Cucu Fritniawati,M.Pd), Ketua PKG Cibalong, Pemateri Dapodik ( Erik dan Ali) dan Ketua Himpaudi Kecamatan Cibalong beserta seluruh Pimpinan Lembaga Kober/PAUD juga turut serta hadir.

Dalam kesempatan ini “Elsa Wiganda mengemukakan keinginannya terhadap seluruh PKBM yang ada di bawah Koordinatornya agar selalu bisa menunjukkan kinerja baik mengenai PKBM khususnya yang ada di wilayah rayon 9 (Cikelet, Pameungpeuk, Cibalong, Pameungpeuk) umumnya semua PKBM yang ada di Kabupaten Garut. Mulai dari rekrutment PPDB sampai dengan input siswa.

Karena pada saat ini, sorotan terhadap PKBM khususnya yang ada di Kabupaten Garut itu kurang bagus.

Maka dari itu Elsa Wiganda selaku Ketua Rayon 9 yang meliputi Kecamatan Pameungpeuk, Cikelet, Cisompet, cibolong mengajak kepada seluruh pimpinan Lembaga PKBM kesetaraan Paket A, B dan C yang ada di bawah kordinatornya khususnya, agar senantiasa memberikan contoh yang baik dengan cara memberikan pelayanan yang maksimal kepada semua peserta didik baru yang ada di PKBM tersebut.

Dalam hal ini juga Elsa Wiganda menyampaikan kepada awak media bahwa:

Aplikasi Dapodik 2024/2025 adalah Maut" artinya Jika Penginputan siswa di PKBM kesetaraan paket A, B dan C tidak dengan teliti dan jeli seperti penginputan siswa yang doble NIK, Data siswa yang terdeteksi ganda di beberapa sekolah maka bisa dipastikan selama 1 Tahun Ajaran 2024 /2025 PKBM tersebut tidak akan memperoleh Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

Oleh karenanya Elsa Wiganda menyampaikan rencana dan keinginan nya untuk mengadakan kegiatan Pembinaan Dapodik Rutinan Rayon 9 PKBM selama 3 bulan sekali dengan mengundang tim Dapodik dari Dinas Pendidikan Kabupaten Garut tiada lain hanya untuk membantu memantapkan pemahaman mengenai Dapodik seluruh Elemen yang ada di PKBM Rayon 9 khususnya umumnya PKBM yang ada di Kabupaten Garut.” Ujarnya. (Nanang)

Tag : No Tag

Berita Terkait