Loading

PKKS UNTUK PEMBINAAN, ROTASI, MUTASI, DAN KARIER KEPALA SEKOLAH


Penulis: Dadan Supardan
4 Tahun lalu, Dibaca : 2020 kali


Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat DR Ir Dewi Sartika saat memberikan sambutan pada kegiatan Bintek PKKS

Oleh Juli Wahyu Pari Dunda

(Ketua MKPS SMA Jawa Barat)

Bidang GTK Dinas Pendidikan Jawa Barat menyelenggarakan Bintek Penilaian Kerja Kepala Sekolah (PKKS) Untuk Pengawas SMA, SMK, dan SLB baru-baru ini. Dalam laporan Ketua Penyelenggara, Kasie Kesejahteraan Bidang GTK Eha SH mengatakan tujuan Bintek untuk menyampaikan persepsi dalam penilaian Kinerja Kepala Sekolah sehubungan ada perubahan instrumen PKKS. Selain itu agar jadwal pelaksanaan PKKS dapat serentak dilaksanakan di sekolah se Jawa Barat.

Hasil penilaian PKKS sebagai bahan evaluasi dan untuk mengetahui sampai sejauh mana kinerja kepala sekolah. Selain itu kegiatan Bintek PKKS agar PP 19 Tahun 2017 dan Permendikbud No. 6 Tahun 2018 beserta teknis pelaksanaannya dapat tersosialisasi dan terimplementasi sesuai yang diharapkan.

Dalam Bintek PKKS ini menghadirkan narasumber terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Kepala Bidang GTK, Kepala Seksi Kesejahteraan Bidang GTK, Dirjen GTK Kemendikbud dan perwakilan Pengawas. Peserta Bintek PKKS sebanyak 350 Orang perwakilan Pengawas SMA SMK dan SLB se Jawa Barat.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat DR. Ir. Dewi Sartika dalam sambutannya mengatakan melalui Bintek PKKS ini pengawas sekolah menjadi pengawas profesional agar sekolah binaan yang diawasinya lebih bermutu dan prestasinya meningkat dan apresiasi pada para pengawas SMA, SMK, dan SLB yang telah menjalankan tupoksi secara bertanggung jawab. Intinya pengawas harus enjoy menyenangkan, ngenaheun dalam melakukan perubahan bersama-sama dengan kepala sekolah, guru dan stakeholder di sekolah.

Pada akhir sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat menyatakan bahwa hasil PKKS SMA SMK dan SLB menjadi informasi dan data penting yang dipakai dalam pengembangan karier kepala sekolah maupun rotasi dan promosi jabatan di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Ia mengharapkan Pengawas Sekolah harus menjadi garda terdepan dalam meningkatkan dan mengawal mutu pendidikan di Jawa Barat.

Tag : No Tag

Berita Terkait