Loading

Keraton Cirebon-Trah Wiralodra Meriahkan Kirab Budaya 2022


Penulis: Yonif - Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 423 kali


Kirab Budaya 2022

INDRAMAYU, MEDIKOMONLINE.COM – Kraton Cirebon dan Trah Wiralodra menghadiri Kirab Budaya 2022 pada rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-495 Indramayu.

Tidak hanya dihadiri para sultan dari 3 keraton, ikon serta budaya dari masing-masing keraton juga turut ditampilkan pada perhelatan Akbar tahunan itu.

Tampak dari Keraton Kasepuhan Cirebon Ibu Ratu Raja Alexandra dengan membawa 77 prajurit lengkap berikut dengan kereta Singa Barongnya.Sementara itu, Pasukan Kemantren yang merupakan pasukan andalan Keraton Kanoman Cirebon hadir di bawah pimpinan langsung Paman Patih Pangeran Alimudin.

Terakhir, Keraton Kacirebonan Cirebon dipimpin langsung oleh Sultan Kacirebonan Pangeran Raja Abdul Gani Natadiningrat yang menaiki kereta kesultanan dengan dikawal 210 prajurit.

Tidak ketinggalan, Trah Raden Arya Wiralodra selaku pendiri Dharma Ayu Nagari (Kabupaten Indramayu) turut pula meramaikan acara yang digelar di sepanjang Jalan DI. Panjaitan hingga Jalan Jendral Ahmad Yani Kamis (13/10/2022).

Trah Wiralodra dipimpin langsung oleh Raden Inu Danubaya beserta jajaran pengurus Yayasan Wiralodra. Inu membawa serta 40 orang kerabat trah Wiralodra berikut sejumlah pusaka andalan dari pendiri Kabupaten Indramayu.

Sedangkan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar didampingi Sekda Kabupaten Indramayu Rinto Waluyo, Wakil Ketua DPRD Indramayu Sirojudin, Ketua Panitia Hari Jadi ke-495 Kabupaten Indramayu Ady Setiawan, Forkopimda Kabupaten Indramayu, serta pejabat lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannya, Bupati Nina Agustina mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas partisipasi para sultan Cirebon dan keluarga besar Trah Wiralodra dalam kegiatan Kirab dan Karnaval Budaya 2022.

“Kepada para sultan dari Keraton Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan dan keluarga besar Trah Wiralodra, hatur nuhun atas kehadirannya,” tuturnya.

Bupati Indramayu Hj Nina Agustina, S.H., MH., C.R.A menambahkan, keberadaaan budaya di tengah masyarakat merupakan sebuah pengingat akan jati diri dan darimana kita berasal. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kebudayaan tersebut dapat selalu dilaksanakan dan menjadi pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal yang sama disampaikan ketua panitia hari jadi Indramayu ke-495 Ady Setiawan. Menurutnya, karnaval budaya ini merupakan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat dalam melestarikan seni budaya daerah khususnya kabupaten Indramayu.

Ady berharap, kegiatan ini dapat dijadikan langkah awal dari partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan, khususnya dalam melestarikan warisan para leluhur ini, katanya.

Tag : No Tag

Berita Terkait