Loading

75 Anak Yatim Kecamatan Cibarusah Terdampak Covid-19 Diberikan Bansos


Penulis: Manah/Agus-Editor: Mbayak Ginting
1 Tahun lalu, Dibaca : 828 kali


Kadinsos Endin Samsudin saat memberikan bantuan sosial non tunai kepada anak yatim Kecamatan Cibarusah.

CIBARUSAH, Medikomonline.com - Sebanyak 75 Anak Yatim Kecamatan Cibarusah yang orangtuanya meninggal akibat covid-19 diberikan bantuan sosial non tunai dari Yayasan Save The Children.

Bansos non tunai tersebut diberikan langsung kepada anak yatim di Gedung Serba Guna Kecamatan Cibarusah, Rabu (18/5/2022). Penyerahan Bansos ini bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Bekasi dan pihak Kecamatan Cibarusah.

Camat Cibarusah Muhamad Kurnaepi mengatakan, di Cibarusah sendiri ada berapa anak yang orang tuanya korban Covid-19 dan mendapatkan bantuan dari Yayasan Save The Children berupa uang yang disalurkan melalui rekening Bank BJB.  

"Alhamdulillah hari ini dari Yayasan save the children beserta jajarannya memberikan bantuan bagi 75 anak yatim dan perhari ini baru 58 yang sudah selesai rekeningnya di BJB, sisanya 17 lagi, masih dalam proses hanya tinggal menunggu saja," jelasnya kepada awak media, Rabu (18/5/2022).

Tadi dari awal telah disampaikan, mudah-mudahan kegiatan ini bukan kegiatan yang terakhir, dan diharapkan sebagai pemicu bagi siapa saja dan dari pihak mana saja yang mungkin mau menyisihkan sebagian rezekinya untuk bisa membantu anak-anak yatim khususnya di Kecamatan Cibarusah.

"Minimal bantuan yang kita berikan digunakan untuk melanjutkan pendidikan, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi Endin Samsudin menuturkan, Pemerintah Kabupaten Bekasi terus mengakomodir kebutuhan pokok anak-anak yang kehilangan orang tua akibat terdampak Covid-19 melalui penyerahan Bantuan Non Tunai Multi Guna dari Program Respons Covid-19 Save The Children.

"Iya kita masih terus melanjutkan program bantuan kepada anak yatim piatu dengan mengakomodir melalui CSR yang pada kesempatan ini dari Yayasan Save The Children bekerjasama dengan Kementerian Sosial," tutur Endin Samsudin, usai memberikan bantuan kepada anak-anak yatim piatu di Gedung Serba Guna Kecamatan Cibarusah.

Foto bersama Kadinsos, Camat Cibarusah, Yayasan Save The Children, tokoh masyarakat dan agama, Koramil 09, dan Polsek Cibarusah serta anak yatim.

Endin menjelaskan, dalam Program Respons Covid-19 Save The Children ini jumlah sasarannya sebanyak 401 anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal dunia karena Covid-19, dan terbagi di 6 kecamatan, yakni Kecamatan Cibarusah, Kecamatan Tambun Selatan, Kecamatan Cikarang Pusat, Cikarang Barat, Kecamatan Sukakarya dan Cikarang Timur.

"Dari jumlah sasaran sebanyak 401 anak ini, sebanyak 227 anak di antaranya sudah disalurkan melalui rekening Bank BJB untuk dapat mengambil bantuan tersebut secara tunai," terangnya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sosial sudah berhasil mendata anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19 pada Agustus 2021 lalu sejumlah 1.644 orang. Pemerintah daerah telah berhasil mengakomodir sebagian besarnya melalui jalinan kerjasama dengan berbagai pihak swasta dan Kementerian Sosial.

"Ya, sebagian besar sudah berhasil kita berikan bantuan, diantaranya bantuan uang tunai dan non tunai, lalu bantuan beasiswa sekolah hingga perguruan tinggi, ada juga bantuan perlengkapan dan seragam sekolah, dan lainnya. Untuk Yayasan Save The Children ini bantuannya non tunai yang akan dibagi 3 tahap dengan total nominal Rp 900.000," ujarnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Yayasan Save The Children Desi mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan bagian dari jalinan sinergitas dengan pihak pemerintah untuk membantu anak-anak yang secara langsung terdampak Covid-19. Pihaknya berharap kedepan jalinan kerjasama ini dapat memberikan kontribusi yang jauh lebih besar.

"Jadi memang bantuan ini akan sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi anak-anak ini, karena memang masih banyak aspek-aspek yang perlu diperhatikan lagi selain aspek bantuan non tunai tadi, tetapi juga aspek pendamping hak asuh anak dan aspek lain. Mudah-mudahan kedepan kita mampu memberikan kontribusi yang jauh lebih besar untuk membantu anak-anak kita," tutupnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait