Loading

FORSIL Lippo Cikarang Gelar Khitan Massal Gratis untuk 38 Anak


Manah/Agus
17 Hari lalu, Dibaca : 97 kali


MANAH/AGUS/MEDIKOMONLINE.COM Foto : rangkaian kegiatan FORSIL Lippo Cikarang Khitan Massal Gratis yang diikuti oleh 38 anak, di Maxx Box Orange County Lippo Cikarang, Sabtu (6/7/2024).
CIKARANG SELATAN, Medikomonline.com - Forum Silaturahim Warga Muslim Lippo Cikarang (FORSIL) Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan Khitan Massal gratis, yang diikuti sebanyak 38 anak. Kegiatan Khitan Massal gratis tersebut dilaksanakan di Maxx Box Orange County Lippo Cikarang, Desa Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan, pada Sabtu (6/7/2024).
Ketua FORSIL Lippo Cikarang Kabupaten Bekasi H Ade Aan Wirama mengatakan, khitan itu kan wajib bagi laki-laki, dari sanalah berawal bahwa kita sadar tidak semua orang memiliki akses mudah, dan kemampuan untuk berkhitan yang layak.
Dan untuk itu dari Forsil Lippo Cikarang terpikir untuk mengadakan khitanan massal, yang tidak hanya diberikan untuk warga cluster Lippo Cikarang, tetapi untuk masyarakat sekitar pun diajak. 
"Karena kami ingin memberikan dampak positif juga bagi masyarakat sekitar terutama desa cibatu tempat kami tinggal. Maka untuk berikutnya acara seperti ini akan kami adakan secara rutin setahun sekali, dan tahun 2024 ini Khitan Massal baru perdana. Insya Alloh akan kami adakan bukan acara khitanan saja tapi nanti ada kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat," ucap Ketua FORSIL Ade Aan kepada awak media, pada Sabtu (6/7/2024).
Diakui Ade, kegiatan khitan massal ini baru perdana, dan yang di khitan ada 38 anak. Sebetulnya bisa lebih banyak daripada itu, tapi melihat kemampuan saat ini hanya bisa sampai 38 anak saja.
"Alhamdulillah kita syukuri acara khitan massal ini di dukung oleh Lippo Cikarang sebagai penyedia lokasi atau tempat, kemudian untuk tim medis dari Klinik Putra Medika dan Siloam Hospital, dan pendukung utama sebagai sponsor untuk kegiatan ini adalah Dewan Muhtar Center (DMC)," ucapnya.
Ditempat yang sama Kepala Desa Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan H Ranta menyampaikan, dirinya  mengucapkan terima kasih dengan adanya kegiatan ini yang digagas oleh FORSIL, semua masyarakat Lippo Cikarang termasuk tersedianya sarana prasarana oleh manajemen Lippo Cikarang, semua mendukung yang terlibat dalam proses kegiatan ini. 
"Kami ucapkan terima kasih ya mudah-mudahan semua kegiatan ini bisa berjalan lancar dan apa yang disampaikan tadi dari ketua, bahwa sebenarnya kapasitasnya itu bisa lebih banyak dari 38 anak. Namun karena kegiatan ini baru pertama mudah-mudahan kedepannya bisa lebih  banyak dan terencana, apa lagi akan dilaksanakan setiap tahun sekali," harap Kades Cibatu.
Doakan bersama ucapnya lagi, untuk ke depan supaya segala sesuatunya lebih terkoordinir dan lebih baik lagi, kapasitasnya pun bisa lebih banyak dari sekarang ini. Agar masyarakat sekitar pun bisa ikut dalam kegiatan yang di gagas oleh FORSIL Lippo Cikarang.
"Mudah-mudahan setiap kegiatan seperti ini diberikan kelancaran, ke depannya di rencanakan lagi dan  kapasitas yang lebih banyak lagi, serta sarana prasarana pendukung yang lebih baik lagi," terangnya.
Sementara itu DMC grup Dewan Muhtar menegaskan, ia dari DMC center bisa ikut serta mendampingi kegiatan FORSIL tahunan yaitu khitanan massal tahun ini yang luar biasa. Memang persiapan khitan massal ini dari jauh-jauh hari, dan dirinya juga berterima kasih pada panitia. 
"Alhamdulillah DMC bisa mensupport segala keperluan khitan massalnya ini," tuturnya.
Menurut Dewan Muhtar, Kegiatan khitan massal gratis ini sangat luar biasa. Dan menimbulkan anak-anak yang di wilayah lingkungan Lippo Cikarang yang belum khitan atau yang ketakutan khitan, jadi ketika ada khitan massal itu bukan berarti materi dan ekonominya kurang. Tetapi lebih kepada edukasinya ada, kebersamaannya pun ada.
"Jadi tidak melihat materi keluarga kurang mampu atau tidak mampu, oh khitanan massal berarti untuk orang tidak mampu, disini kita hilangkan stigma itu, yang kita lihat keutamaannya itu adalah kebersamaannya. 
"Ya memang antusiasnya baik, kalau tidak di batasi kuotanya itu bisa lebih dari 50 anak, karena keterbatasan tim medis, maka hanya 38 anak yang di khitan. Tentunya harapan kedepannya di setiap hari besar Islam kita selalu adakan acara, tentu saja bersama FORSIL," tutupnya. (Manah/Agus)

Tag : No Tag

Berita Terkait