Loading

GM FKPPI Kota Cirebon Gelar Refeksi Hari Lahir Pancasila dan Semangat Bangkit Tanah Air


Penulis: Hafidz/Editor: Mbayak Ginting
1 Tahun lalu, Dibaca : 1289 kali


GM FKPPI Kota Cirebon menyambut hari lahir Pancasila di Taman Kebumen Kota Cirebon, Jawa Barat. (Foto: Hafidz /Medikomonline)

CIREBON, Medikomonline.com -  Tujuh puluh tujuh sudah  kita merdeka dalam keberagaman, melalui  dasar Negara  Pancasila  Bangsa Indonesia  terus memupuk dan menumbuhkan kita dalam keberagaman sebagai keunggulan  utama  kita.

Hal ini yang  menjadi  salah satu dasar kegiatan  yang dilakukan PC.10.15. GM FKPPI Kota  Cirebon dalam  menyambut  hari lahir Pancasila  setiap  tanggal 1 Juni  bertempat di Taman Kebumen Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (1-6-2022) sore

Ketua  GM FKPPI Kota  Cirebon Moh Dany Djaelani SSos kepada Medikomonline mengatakan, pihaknya  mengajak  semua elemen masyarakat seperti LVRI, perwakilan  lintas agama, akademika, pelajar termasuk pemerintahan daerah untuk berpartisipasi di kegiatan yang bertajuk refleksi hari lahir  Pancasila dan semangat bangkit cinta tanah air ini untuk lebih menghormati serta  menghayati nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila sebagai konsensus bersama  anak bangsà dalam  menghargai kemajemukan.di tanah air tercinta.

"Dalam rangka hari  lahir Pancasila,  kami mengajak  semua  elemen yang ada di tengah masyarakat  seperti organisasi kemasyarajatan, Legiun Veteran RI, akademika, pelajar dan perwakilan  dari lintas agama termasuk Pemerintahan  Daerah Kota Cirebon turut berpartisipasi  di kegiatan ini untuk lebih membangkitkan kembali semangat mengamankan  nilai-nilai luhur Pancasila  dalam berkehidupan dan berbangsa terlebih bagi generasi muda," ujar Dani Djaelani.

GM FKPPI Kota  Cirebon menyambut  hari lahir Pancasila  di Taman Kebumen Kota Cirebon, Jawa Barat. (Foto: Hafidz /Medikomonline)

Pria yang  memiliki tiga putra ini menambahkan momentum  hari lahir Pancasila  ini diharapkan bukan sekedar acara seremonial semata, namun dapat dijadikan pandangan hidup masyarakat, pandangan hidup  bangsa atau ideologi nasional serta pandangan hidup negara (ideologi negara) yang diimplementasikan dalam kehidupan  sehari-hari.

"Pancasila  mengajarkan kita untuk rela berkorban demi tanah air dan bangsa dengan semangat nasionalisme, dan patriotisme dengan ruh persatuan dan kesatuan membangkitkan cinta tanah air," tandas Dani Djaelani.

Rangkaian acara itu sendiri diisi dengan pandangan  terkait hari lahir Pancasila oleh perwakilan para undangan yang dipandu moderator dan penandatanganan bersama di atas spanduk sebagai bentuk saling  mendukung dan rasa persatuan dan kesatuan

"Kami mewakili pemuda batak bersatu mengajak masyarakat  agar terus menjaga persatuan tanpa melihat suku dan agama apapun sebagai bentuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang merupakan  dasar  negara kita," ujar salah seorang perwakilan dari Persatuan Pemuda Batak Bersatu (PBB).

Pancasila  sejatinya  harus terus menerrus  digelorakan bukan pada sebatas sebagai dasar negara semata, terlebih untuk generasi penerus bangsa. Sebab sebagai ideologi bangsa, Pancasila mampu menjadi perekat NKRI atau penerang yang senantisa  terus berkobar dalam  jiwa Bangsa Indonesia tercinta.

Tag : No Tag

Berita Terkait