Loading

IPJI Ciamis Dipegang M. Rifai di Sisa Akhir Periode


Penulis: Herz_Cms
8 Bulan lalu, Dibaca : 228 kali


Muhammad Rifai (kanan) Terima SK PAW dari DPW Propinsi Jabar.

CIAMIS, Medikomonline.com - Perjalanan panjang dirasakan organisasi profesi jurnalistik Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Ciamis periode 2020 - 2025.

Meski keberadaan IPJI di Ciamis masih seperti seumur jagung, masa kepemimpinan Ketua IPJI Ciamis Arif Ma'ruf di simpang pertengahan lebih periode, tepatnya sisa periode tinggal dua tahun ke depan harus mundur dari jabatan ketua dan digantikan hasil PAW oleh Muhammad Rifa'i yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua IPJI Ciamis.

Mundurnya Ketua IPJI Ciamis Arif Ma'ruf tiada lain dikarenakan pihaknya mengikuti bursa bakal calon legislatif DPRD Ciamis 2024 mendatang dan harus melepaskan jabatannya demi independensi organisasi profesi jurnalistik.

Acara pisah sambut yang digelar di Aula Disdik Kabupaten Ciamis, Jumat siang (11/8/2023) berjalan penuh khidmat dihadiri ratusan tamu undangan. 

Foto : Sekjen IPJI DPW Jabar, Ma'sum Hidayat, S, Ag, MM saat Membacakan SK PAW & Reshuffel Kepengurusan IPJI Ciamis di Hadapan Hadirin

Sekretaris IPJI DPW Jawa Barat Ma'sum Hidayat S.Ag., MM dalam membacakan Surat Keputusan (SK) sekaligus mewakili Ketua IPJI DPW Propinsi Jawa Barat,  Dra. Ai Mulyani, M,Pd mengatakan, komposisi personil IPJI harus ditetapkan.

"Memperhatikan surat ajuan hasil rapat pergantian antar waktu (PAW) sekaligus Reshuffel Kepengurusan sesuai AD/ART IPJI dan sudah dijalankan oleh IPJI Ciamis dan alhamdulillah hari ini ditetapkan SK tersebut, " Katanya.

Usai membacakan SK, Sekjen IPJI DPW Jabar mengungkapkan keterpukauan atas perkembangan DPC IPJI Ciamis yang kategori lahir paling bontot di Jawa Barat namun karya - karyanya mampu mensejajarkan dengan organisasi profesi yang ada di Ciamis terlebih di IPJI Jabar.

Melihat perkembangan yang ada serta sinergisitas yang dibangun dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan lembaga lain di Ciamis ini sungguh luar biasa. Tampak pada ulasan selayang pandang yang dipertontonkan diawal kegiatan secara bersama - sama tadi. 

"Organisasi profesi jurnalis khususnya IPJI mampu bersinergisitas yang baik dengan Pemda Ciamis dan lemabaga lainnya yang ada, " terang Sekjen IPJI Propinsi.

Ini harus bisa menjadi contoh bagi IPJI - IPJI lainnya khususnya di Jawa Barat.

Apa yang dilakukan oleh DPC IPJI Ciamis ini menurutnya sungguh luar biasa, semoga DPC IPJI lainnya dapat mengikuti seperti DPC IPJI Ciamis,"harapnya.

Pada kesempatan itu, Maksum juga mengucapkan terima kasih kepada Arief Ma'ruf yang sudah mengabdikan dirinya di DPC IPJI Kabupaten Ciamis dan mengucapkan selamat kepada Muhammad Rifai sebagai ketua PAW untuk DPC IPJI Ciamis untuk masa sisa jabatan kitang lebih dua tahun kedepan. 

"Semoga apa yang dilakukan pada hari ini berkah. Terima kasih juga Pemerintah Kabupaten Ciamis yang telah mendukung keberadaan DPC IPJI di Ciamis," Tutupnya.

Foto : Pengurus dan Anggota IPJI Ciamis Foto Bersama dengan DPW Jabar dan Segenap Tamu Undangan

Ketua DPC IPJI Ciamis Arief Maruf yang dalam hal ini diwakili Sekretaris IPJI Ciamis Heru Pramono membacakan teks pidato pisah sambut dari ketua lama ke ketua baru mengucapkan terimakasih banyak kepada kawan-kawan jurnalis seperjuangan dan meminta maaf jika selama menjabat Ketua IPJI Ciamis masih banyak kekurangan dan kesalahan.

"Saya berharap kita tetap bisa menjalin silaturahmi dan khusus bagi IPJI mampu melanjutkan obor informasi yang akurat, tepat dan profesional sesuai Kode Etik Jurnalitik, "pintanya.

Disebutkan Arif Ma'ruf, pergantian dan rotasi pengurus tentu untuk perkembangan IPJI Ciamis semata-mata untuk meningkatkan kinerja IPJI kedepan,"tuturnya.

Dirinya berpesan, teruslah jaga obor informasi agar negeri ini terang benderang, menjadikan bangsa menuju berperadaban yang maju, "pungkasnya.

Masih ditempat yang sama Ketua IPJI Kabupaten Ciamis yang baru Muhammad Rifai mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai ketua IPJI hasil PAW disisa masa kepengurusan 2020-2025.

"Saya merasa bangga dan terhormat dengan memimpin IPJI yang begitu berharga bagi rekan-rekan jurnalis yang ada di kepengurusan DPC IPJI Kabupaten Ciamis," Katanya

"Saya ucapkan terimakasih kepada ketua sebelumnya yaitu Pak Arief Ma'ruf yang telah melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan memberikan konstribusi bagi IPJI Ciamis selama ini," Sambungnya.

Rifai menjelaskan sebagai Ketua IPJI yang baru Ia menyadari bahwa tanggung jawab yang Ia emban menjadi tanggung jawab yang sangat berat dan besar karena tugas IPJI bukan hanya mengelola kegiatan internal organisasi, tetapi juga harus mampu menjadi agen perubahan di lingkungan masyarakat ke yang lebih baik lagi.

"Kita juga berperan penting dalam menciptakan kegiatan positif, membangun kerjasama dengan pihak-pihak terkait dan mengembangkan potensi dari anggota IPJI Ciamis," Jelasnya.

"Rifai menekankan pentingnya solidaritas dan kerjasama diantara anggota IPJI".

"Mari kita bangun semangat kebersamaan, semangat gotong royong, saling mendukung dan saling menginspirasi. Saya yakin dengan kekompakan dan kebersamaan kita mampu mencapai tujuan bersama-sama dan memberikan konstribusi yang signifikan bagi masyarakat Tatar Galuh Kabupaten Ciamis," Ujarnya.

Selain itu, Rifai juga mengingatkan dan mengajak IPJI untuk terus meningkatkan kualitas diri melalui pembelajaran dan keterampilan dalam jurnalis. Pihaknya harus berkomitmen untuk selalu belajar mengikuti perkembangan zaman dan berinovasi dalam menjalankan tugas sebagai pengurus organisasi IPJI di Kabupaten Ciamis.

"Saya mengajak kepada pengurus dan anggota IPJI Ciamis agar berperan aktif dalam membantu Pemerintah Kabupaten Ciamis," Pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait