Loading

Ketua Yayasan Anak Bangsa Dampingi Masyarakat Terlantar ke Dinas Sosial Kabupaten Karo


Penulis: Tekwasi/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 896 kali


Ketua Yayasan Anak Bangsa Erianto Perangin-angin (baju merah kanan) melakukan pendampingan terhadap seorang ibu yang terlantar di sekitar Simpang Ajijahe, Desa Sumbul, Kabupaten Karo.

KARO, Medikomonline.com – Seorang ibu yang terlantar ditemukan masayarakat  di sekitar Simpang Ajijahe, Desa Sumbul,  Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Rabu (3/3/2021). Ibu ini ditemukan dalam keadaan lemas tak bertenaga di pinggir jalan. Sontak masyarakat yang melintas  dari  perladangan langsung bergerak melakukan pertolongan dan membawa ke kantor polisi.

Demikian penuturan Beru Ginting, warga yang menolong ibu yang ditemukan dalam keadaan lemas tersebut.  "Kami langsung menuju Yayasan Anak Bangsa yang berada di Kabanjahe dan niat mau mengantar mereka ke sana. Dan kami diterima oleh staf dan kami tidak bertemu dengan Pak Erianto karena beliau tugas di lapangan,” ujar Beru Ginting.

“Setelah itu kami menuju Mapolres Tanah Karo. Sesampainya di sana kami diarahkan ke Dinas Sosial. Dan akhirnya kami membawa ibu ini ke Rumah Sakit Umum Kabanjahe. Ternyata di sana kami sudah ditunggu oleh Ketua BAINHAM RI Kabupaten Karo Tekwasi Sinuhaji  bersama stafnya, sebagai respons dari informasi Yayasan Anak Bangsa dan langsung menghubungi perawat yang bertugas untuk langsung ditangani,” ungkap Beru Ginting.

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, ibu yang terlantar lemas ini bernama Hernida Br Samosir, kelahiran Bagan Siapiapi,  ber-KTP Aceh Tenggara, memiliki  4 orang anak. Tiga orang anaknya ikut bersama Hernida dan satu lagi bersama neneknya.

Menurut keterangan para medis di RSU Kabanjahe, ibu ini mengalami  sakit perut dan diketahui ibu ini baru 2 bulan melahirkan. "Saya baru 2 bulan melahirkan dan mau mengantarkan anak saya ini kepada ayahnya. Kami sudah bercerai, tapi saya tak tega bang dan tak sanggup berpisah dengan mereka,” ujar Hernida sambil terbaring lemas di  ruang IGD.

Pada saat yang bersamaan Ketua Yayasan Anak Bangsa Erianto Perangin-angin menyampaikan, "Kita akan berkordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Karo  untuk mendapatkan kejelasan penangananya.”

Dijelaskan Erianto, hasil yang didapatkan, pihak Dinas Sosial langsung mengambil sikap dan mengatakan kepada tim, semua biaya akan ditanggung Pemerintah Kabupaten Karo. “Ibu ini akan dirawat sampai sembuh dan untuk sementara anaknya ditampung di rumah aman,” Tambunan, pegawai Dinas Sosial Karo.

“Dalam hal ini masyarakat sangat bertrimakasih kepada Yayasan Anak Bangsa, BAIN HAM RI Kabupaten Karo, Dinas Sosial Kabupaten Karo, Kemensos RI, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Karo. Dan diharapkan pemerintah lebih giat dan bijak sana dalam mengatasi hal-hal seperti ini,” ujar Ketua BAIN HAM RI Kabupaten Karo Tekwasi Sinuhaji.

Tag : No Tag

Berita Terkait