Loading

Supriatna Gumilar : Seni Budaya Merupakan Identitas Bangsa yang Harus Dijaga dan Dilestarikan


Penulis: Herz_Cms
5 Bulan lalu, Dibaca : 178 kali


Anggota DPRD Ciamis, Supriatna Gumilar (kanan tengah biru) Hadiri Acara Saresehan Seni Budaya di Purwadadi, Ciamis. Minggu (26/11/2023).

CIAMIS, Medikomonline.com - Seni Budaya merupakan warisan nenek moyang dan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara. Seni juga merupakan bentuk implementatif dari budaya (perilaku) yang ada sejak nenek moyang kita dan merupakan pula salah satu identitas bangsa.

Untuknya Seni Budaya harus dijaga dan dilestarikan terutama pemerintah harus benar-benar hadir kepada para lembaga pegiat seni budaya lokal yang ada didaerahnya masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Supriatna Gumilar, Minggu (26/11/2023) dari Partai PAN pada acara Saresehan Seni Budaya bertajuk Pelestarian, Perlindungan Dan Pengembangan Seni Budaya Daerah di Kecamatan Purwadadi”.

Sebagai putra daerah Ciawitali, Purwadadi, Ciamis yang juga akan maju menjadi Calon Legislatif (Caleg) DPRD Propinsi Jawa Barat Daerah Pemilihan (Dapil 13) dari partai PAN meliputi  Kabupaten Ciamis, Pangandaran, Kuningan dan Kota Banjar sangat mendukung adanya para lembaga pegiat seni budaya lokal.

Lebih lanjut Supriatna Gumilar yang akrab disapa Cuking mengemukakan, bahwa lembaga atau para pegiat pelaku maupun pecinta seni budaya lokal ini harus diperhatikan pemerintah.

"Agar kesenain dan budaya lokal masih utuh terjaga maka peru perhatian dan dukungan pemerintah," Ucapnya.

Zaman sekarang sudah era serba canggih dimana masyarakat atau kalangan muda remaja sudah pula lebih kebiasaan berbaur atau menyukai budaya barat (canggih).

"Ini harus benar-benar diperhatikan, jangan sampai punah budaya yang ada kita miliki dari nenek moyang kita ini, "tegas Supriatna Gumilar. 

Foto : Selebrasi Pertunjukan Beberapa Seni Budaya dan Pencak Silat Lokal.

Dirinya berharap dengan masih adanya paguyuban seni budaya "Kuta Pasagi" Ini, seni budaya lokal lainnya di Purwadadi mampu tergali dan terakomodir pula kesenian dan budaya yang ada.

"Tugas dan fungsi lembaga seni budaya ini mengembangkan sumberdaya manusia yang potensial dalam bidang kesenian dan budaya, " ujarnya.

"Berbicara tentang Purwadadi, bukan hanya tentang lumbung padi namun bagi saya, Purwadadi juga merupakan gudang bakat-bakat seni tradisional di Kabupaten Ciamis, " Bebernya.

Melihat penampilan seni dari beberapa perguruan baik pencak silat maupun penampilan seni lainnya masih kurang maksimal sebab tadi kurangnya sarana dan prasarana beberapa perguruan di Kecamatan Purwadadi.

Foto : Selebrasi Pertunjukan Beberapa Seni Budaya dan Pencak Silat Lokal.

"Dengan adanya Paguyuban seni Kuta Pasagi ini kedepan bisa mengolaburasikan beberapa perguruan yang ada di Purwadadi, sebab nantinya saya ingin setiap momen di Purwadadi ataupun di Kabupaten Ciamis bisa menampilkan pertunjukan seni yang dimiliki asal Purwadadi,"harapnya.

Sebetulnya, kata Dia banyak anak muda yang rindu akan seni, maka dari itu dengan adanya Paguyuban Seni Budaya Kuta Pasagi ini, bisa menopang anak-anak kita yang berbakat di bidang seni, untuk menjadikan Purwadadi sebagai barometer seni di Kabupaten Ciamis.

"Tetap kalau tidak ada dukungan dari stakeholder, paguyuban seni budaya ini tidak akan hidup, maka untuk tetap membangkitkan dan menumbuh kembangkan paguyuban budaya seni Kuta Pasagi ini harus didukung dengan sepenuhnya,"pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait