Loading

UPZ Al-Hikmah BBk Ciparay Profesional Berdayakan Umat


Penulis: Syah Ma'mur/Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 1321 kali


Ketua UPZ Al-Hikmah Drs Haji Nana Sudjana R

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Al-Hikmah RW 03 Kelurahan/Kecamatan Bacip Kota Bandung adalah lembaga zakat Muslim tingkat RW yang istiqomah dalam berkhidmat melayani kaum duafa di wilayah RW 03 Kel./Kec. Bacip.

Ketua UPZ AL-Hikmah Drs. Haji Nana Sudjana R menyampaikan kepada Medikom Visi dan Misi UPZ AL-HIKMAH menjadi lembaga yang amanah dan profesional dalam membangun kemandirian ummat, membangun dan memberdayakan masyarakat yang mandiri melalui program layanan sosial, memberikan dukungan dalam proses mustahik menjadi muzzaki, membangun kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama.

Altawasul mae almujtamae 'iielan (sosialisasi kepada masyarakat) adalah wujud bentuk keistiqomahan Haji Nana dan para mudir UPZ Al-Hikmah, Rayrayiys Wahid Drs Haji Nana Sudjana R, Alrayiys Althaani Haji Ajo Soparjo S.Pd, Sikiritir Haji Djenar S Adinata, Amin Alsunduq Almalii Haji Heri Susanto, Majal Almaelumat Ustad Haji A Kamil Firdaus, Ustad Idad Badruzaman, Majal Tahsil Alzaka Ustad Ayi Muhammad Nur H, Atang Sujana, Majal Altawzie Agus Sobari, Nandang Ridwan Gozali, Qism Aliastikhdam Oman Sudiman, Ny Sutinik, Kushendi.

Dari 4 program pendistribusian UPZ AL-HIKMAH yaitu Umat Mandiri mendistribusikan bantuan pangan dan sembako kepada masyarakat fakir miskin di RW 03 Kel./Kec. Bacip dengan plan pencapaian target 150 KK per satu tahun, bantuan modal usaha pedagang kecil dengan target plan 20 per 1 tahun, pinjaman tanpa riba plan target 20 orang. Goals sembako UPZ AL-HIKMAH kepada warga per RT yang termiskin yang sudah terbantukan berjumlah 110 paket per even. Total pembagian sembako oleh UPZ AL-HIKMAH per even 600 kilogram kepada seluruh masyarakat fakir miskin RW 03 Kel./Kec. Bacip. Yang menarik dari terobosan lembaga UPZ AL-HIKMAH adalah program Rutilahu (perbaikan rumah) masyarakat fakir miskin dengan pencapaian 3 rumah yang sudah diperbaiki.

Program Umat Sehat yaitu bantuan biaya kesehatan bagi warga miskin RW 03 Kec./Kel. Bacip yang sakit dan tidak mampu membayar biaya kesehatan dengan plan target 40 orang, program umat Peduli yaitu memberi bantuan kepada warga fakir miskin yang sangat perlu bantuan dalam situasi emergency yakni musibah meninggal dunia, kebakaran, kecelakaan, gempa bumi dan lain-lain plan target 30 orang, Program umat cerdas soleh yakni pemberian beasiswa kepada pelajar berprestasi dari keluarga tidak mampu, santunan kepada guru-guru mengaji di masjid dan madrasah di wilayah RW 03 Kec./Ke.l Bacip yang belum disentuh oleh program pemerintah plan target beasiswa 15 orang, santunan kepada guru mengaji 30 orang, santri 50 orang, pelajar 10 orang.

Program penghimpunan/Pengumpul UPZ AL-HIKMAH, gebyar infaq seribu sehari yakni seruan kepada warga RW 03 Kec./Kel. Bacip berinfaq dan bersedekah ringan, untuk masyarakat yang sudah mendapat kesefahaman dari program ini mengaplikasikannya yakni langsung kepada UPZ AL-HIKMAH. Program gemar berzakat yakni informasi mengajak agniya dan muzaki untuk melaksanakan ibadah zakat dengan menyimpan uang mereka di tempat yang sudah disediakan oleh UPZ AL-HIKMAH atau menyerahkan langsung kepada amil UPZ.

Aset UPZ AL-HIKMAH yang sudah tercapai dari keistiqomahan dan kegigihan perjuangan pengurus UPZ AL-HIKMAH yakni mobil ambulans minibus APV 2015 satu unit, tanah wakaf untuk kawasan perkuburan seluas 40 tumbak yang berlokasi di Desa Sukajadi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.

Motto UPZ AL-HIKMAH berpedoman kepada ayat Al Qur'anul karim yang mahfumnya: Wahai orang-orang yang beriman, infaqkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untukmu (Surah Al Baqarah ayat 267).

Tag : No Tag

Berita Terkait