Loading

BPD dan Pemdes Sukamukti Gelar Musdes Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2022


Penulis: Manah/Agus-Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 776 kali


Pj Sukamukti Samid mendampingi Camat Bojongmangu, Ketia BPD Sukamukti, Pendamping Kecamatan dan Babinsa saat memaparkan hasil kinerjanya kepada peserta Musdes, di aula Desa Sukamukti, pada Kamis (16/0

BOJONGMANGU, Medikomonline.com - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa Sukamukti melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2022 di aula Desa Sukamukti, Kamis (16/09/2021).

Ketua BPD Sukamukti M Abas mengatakan, dari usulan yang diajukan di Musyawarah Dusun (Musdus) kemudian dibawa ke Musdes dengan tetap berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang nantinya dimasukkan ke RKPDes Tahun Anggaran 2022.

"Jadi di Musdes ini mana kegiatan pembangunan yang tidak direalisasikan tahun 2021, baik oleh anggaran desa, kabupaten dan provinsi serta oleh anggaran pusat, maka diusulkan kembali, yang dianggarkan oleh desa masuk ke RKPDes Tahun 2022," kata Abas kepada Medikomonline.com, Kamis (16/09/2021).

Lanjutnya, ada usulan warga tentang sarana olahraga desa (Sorgades), yakni Lapangan Futsal yang rencana lokasinya di Disusun dua. Usulan tersebut akan dianggarkan oleh desa.

"Jika anggarannya mencukupi di tahun 2022 maka akan dibangun tahun 2022, jika tidak akan dianggarkan tahun 2023," tegasnya.

Peserta Musdes yang hadir kader posyandu dan PKK, tokoh masyarakat, RT dan RW, perangkat desa, kepala sekolah SD dan tokoh Agama. (Foto: MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM.)

Camat Bojongmangu Agung Suganda menegaskan, ada empat desa pada hari ini yang menyelenggarakan Musdes, untuk merencanakan kegiatan pembangunan Tahun 2022, yaitu Desa Sukamukti, Sukabungah Karangmulya dan Desa Medalkrisna. Semua Musdes telah diawali oleh kegiatan Musdus sebelumnya. Kegiatan Musdes dan Musdus sudah biasa dilakukan setiap tahun oleh setiap desa, untuk menampung aspirasi masyarakat.

"Kemudian hasilnya akan direkap, ada usulan yang dikaper atau dianggarkan oleh desa dimasukkan ke RKPDes, dan ada usulan yang diajukan di Musrenbang kecamatan," ujarnya, usai mengikuti Musdes di Desa Sukamukti.

Menyinggung tentang pemulihan ekonomi, tentu saja peran bumdes harus dikedepankan. Karena Bumdes di enam desa telah terbentuk, dan harus ada penyertaan modal yang alokasi anggarannya untuk Bumdes.

"Seperti Bundes di Desa Sukamukti, telah memulai usahanya di bidang penjualan gas, bahkan telah terjalin dengan perusahaan yang ada di Sukamukti," ujar Camat.

Pj Kepala Desa Sukamukti Samid menuturkan, saat dirinya menjabat kepala desa di Sukamukti ini, dan bersamaan dengan pandemi, telah dilakukan seperti penanganan covid-19. Dari pemberian masker, bantuan sembako bagi yang terpapar covid-19, penyemprotan disinfektan, dan vaksinasi untuk warga.

"Alhamdulillah dalam melaksanakan tugas, dari perangkat desa sampai tingkat RT dan RW semua bekerja bersama-sama untuk Sukamukti lebih baik dan sejahtera, termasuk kegiatan Musdus dan Musdes, untuk rencana kegiatan pembangunan khususnya di Sukamukti," tutupnya. 


Tag : No Tag

Berita Terkait