Loading

Bimtek Peningkatan Kapasitas 78 Anggota BPD se Serang Baru, untuk Instal dan Update Regulasi


Penulis: Agus
1 Tahun lalu, Dibaca : 437 kali


Foto bersama Ketua F-BPD, Camat, Sekjen F-BPD Kabupaten Bekasi, dengan seluruh peserta Bimtek anggota BPD se Kecamatan Serang Baru, di Lembang Bandung pada Sabtu (24/9/2022)..

BANDUNG, Medikomonline.com - Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD) bersama Pemerintah Desa se Kecamatan Serang Baru mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se Kecamatan Serang Baru yang dilaksanakan di Puteri Gunung Hotel Lembang Bandung, pada Sabtu (24/9/2022).


Sekdes Cilangkara sebagai Panitia Pelaksana Bimtek BPD se Kecamatan Serang Baru Ocin mengatakan, Bimtek BPD Serang Baru untuk peningkatan kapasitas anggota BPD, yang diikuti oleh 78 orang. Bimtek tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu 24-25 September 2022.


"Mari kita ikuti kegiatan ini dengan hidmat, agar peserta Bimtek dapat menyerap apa yang disampaikan oleh para narasumber," kata Ocin dalam sambutannya, pada Sabtu (24/9/2022).


Ketua Forum BPD Kecamatan Serang Baru Tarsan Hermawanto menjelaskan, BPD Se Kecamatan Serang Baru siap membangun sinergitas dan menjalin kemitraan dengan Pemerintah Desa (Pemdes). Karena BPD memiliki peran strategis sesuai dengan Tugas dan Fungsinya, sebagai lembaga yang mengawasi kinerja Pemdes. Sehingga roda pemerintahan dan kegiatan pembangunan di desa berjalan dengan baik, sesuai dengan rul dan regulasinya.


"Yang paling utama dalam kegiatan ini, anggota BPD bisa meningkat kapasitasnya, dengan terus update dan install membaca regulasi, sering berdiskusi, hingga terjaga kekompakannya serta terjalinnya tali silaturahmi. Maka akan terciptanya hubungan yang harmonis dengan Pemdes dan lembaga lainnya," tuturnya kepada awak media.


Terlepas dari hasil bimtek ini, ia pun berharap dapat diimplementasikan di desanya masing-masing, sehingga terjalinnya sinergitas. Dan seluruh BPD Serang Baru dapat memahami dan bekerja sesuai dengan tugas, pokok dan fungsinya (Tufoksi). Karena BPD sebagai wakil masyarakat yang sama-sama dengan Pemdes diberikan amanah.


"BPD pun memiliki peran yang strategis, sebagai mitra kerja bagi Pemdes dalam menjalankan roda pemerintahannya. Seiring dengan meningkatnya anggaran desa, kapasitas BPD juga harus terus ditingkatkan untuk memperkuat tugas dan fungsi BPD sebagai pengawasan penyelenggaraan Pemdes," tandasnya


Camat Serang Baru Mirtono Suherianto menegaskan, terima kasih kepada panitia yang telah memberikan waktunya. Tentunya dengan adanya kegiatan Bimtek ini semua  bisa bersilaturahmi. Sehingga baik BPD dan Pemdes se Kecamatan Serang Baru dapat menjaga visi dan misi secara bersama, ini berkat adanya Bimtek BPD setiap tahunnya.


"Jadi jangan mengedepankan ego masing-masing, mudah-mudahan dengan Bimtek ini, dapat menyatukan visi dan misi untuk membangun desanya masing-masing," tegas Mirtono.


Selanjutnya, ia mengucapkan terima kasih kepada bpd Serang Baru khususnya ketua forum yang bisa menyelenggarakan Bimtek. Intinya bahwa dibimtek ini, bukan untuk berfoya-foya akan tetapi Bimtek ini adalah untuk menambah pengetahuan bagi anggota BPD itu sendiri. Sebab hari ini materinya ada dari dinas, forum BPD dan dari kecamatan.

"Nah, dengan Bimtek ini, setiap anggota BPD ada masukkan-masukkan, agar kedepannya lebih baik lagi," jelasnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait