Loading

Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Anggota BPD se Kecamatan Bojongmangu Tahun 2021


Penulis: Manah Sudarsih/Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 845 kali


Foto bersama enam ketua BPD Se Kecamatan Bojongmangu, di acara Bintek.

BOGOR, Medikomonline.com – Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD) Kecamatan Bojongmangu Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan pembinaan dan peningkatan kapasitas anggota BPD enam desa. Kegiatan tersebut dilaksanakan di The Green Villas Sukamakmur Kabupaten Bogor, pada Jumat (24/09/2021).

Ketua Forum BPD Kecamatan Bojongmangu Ondang Donal menegaskan, tentang pembinaan dan peningkatan kapasitas anggota BPD tingkat kecamatan bojongmangu ini, yang setiap tahun rutin dilaksanakan. Tentunya agar setiap anggota BPD semakin meningkat kemampuan untuk memahami dan menguasai regulasinya baik hak dan kewajibannya. Sehingga dengan pemerintah desa BPD dapat sejalan dan terbangunnya kemitraan yang baik. Sesuai dengan tema di kegiatan Bintek hari ini "Meningkatkan Kemitraan di Pemerintah Desa Untuk Bersama Membangun dan Menggali Potensi Desa".

Ketua Forum BPD Kecamatan Bojongmangu Ondang Donal saat memberikan arahan kepada peserta Bintek anggota BPD, di The Green Villas Sukamakmur Bogor, Jumat (24/092021).

"Yang paling penting kegiatan ini bisa bermanfaat, terjalinnya silaturahmi, kompak, pengetahuan tentang tupoksi BPD semakin menguasai dan memahami, bukan lagi lawan buat pemdes tetapi bangun kemitraan bersama pemdes, agar dapat menggali potensi baik dengan pembangunan pisik dan non pisik maupun dengan pemberdayaan, hingga kita dapat membangun desa kearah yang lebih baik dan bermanfaat bagi warganya," katanya kepada Medikomonline.com, pada Jumat (24/09/2021). 

Sementara itu Camat Agung Suganda menegaskan, BPD dan Kepala Desa harus menyatukan energinya dan saling bersinergi yang disesuaikan dengan regulasinya. Termasuk membangun komunikasi agar lebih harmonis dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, baik pembangunan dan pemberdayaaan masyarakat.


Peserta Bintek pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Anggota BPD se Kecamatan Bojongmangu, di The Green Villas Sukamakmur Bogor, Jumat (24/09/2021). (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

Menurut Agung, BPD memiliki peran  penting agar pembangunan dan penyelenggaraan roda pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik sesuai rulnya. Ia pun menghimbau kepada BPD untuk menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dalam membangun desa. 

"Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa," ujarnya.

Kasi Tata Pemerintahan Desa dari Dinas PMD Kabupaten Bekasi Dudi Iskandar menuturkan, kegiatan ini sangat luar biasa dengan kekompakannya, itulah ciri khas BPD Se Kecamatan Bojongmangu dalam membangun silaturahmi khususnya sesama anggota. Bisa dilihat dari berbaurnya antar anggota BPD satu dengan yang lainnya. 

"Saya apresiasi kompaknya BPD Se Kecamatan Bojongmangu di kegiatan Bintek yang digelar hari ini, ini contoh yang baik dan luar biasa, dan insya Alloh akan dijadikan role model, untuk kegiatan BPD yang lainnya," pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait