Loading

Kades Cibarusah Kota Bersama Warga Laksanakan Program Padat Karya Tunai


Penulis: Iwan Gunawan/Editor: Mbayak Ginting
1 Tahun lalu, Dibaca : 523 kali


Kades Cibarusah Kota Iwan Setiawan bersama warga melaksanakan Program Padat Karya Tunai membersihkan saluran air sepanjang 1 km di Perum Taman Firdaus1. (Foto: Medikomonline)

BEKASI, Medikomonline.com - Kades Cibarusah Kota Iwan Setiawan bersama warga melaksanakan Program Padat Karya Tunai (PKT). Program PKT ini untuk membantu perekonomian masyarakat dengan bekerja bersama-sama membersihkan saluran air sepanjang 1 km di Perum Taman Firdaus1 dengan mendapatkan uang sebesar Rp16O ribu per orang.

Dari jumlah 88 orang yang bekerja dalam Program PKT ini akan mendapatkan upah setiap satu orang Rp 160 ribu dan makan. Bekerja mulai dari jam 08.00 wib pagi, istirahat jam 12.00 wib siang. “Kemudian dilanjutkan kembali sampai sore hari, terang Kades Iwan pada Medikomonline.

Warga bekerja memakai peralatan cangkul, golok, karung dan parang. Pekerjaan padat karya ini dilaksanakan selama satu minggu dimulai dari hari Jumat (16/12/2022).

Saya selaku Kepala Desa Cibarusah Kota melaksanakan Program Padat Karya bersama warga Cibarusah Kota termasuk ada RT dan RW. Ini merupakan Program Padat Karya Tunai dari Dinas Sumber Daya Air. Program PJ Bupati Bekasi Dani Ramdhan, tambah Kades Iwan.

Kades Cibarusah Kota Iwan Setiawan bersama warga melaksanakan Program Padat Karya Tunai membersihkan saluran air sepanjang 1 km di Perum Taman Firdaus1. (Foto: Medikomonline)

Program PKT yang dilaksanakan di Perum Taman Firdaus 1 bertujuan untuk mengantisipasi banjir di Perumahan ini, karena setiap hujan turun deras, pasti Perumahan Taman Firdaus 1 akan kebanjiran. Untuk itu, saya pilih lokasinya di sini. Saluran air yang sudah tertutup oleh rumput dan sampah dan sudah menyempit ini bisa menghambat air hujan dan air limbah rumah tangga menjadi tersendat. Saluran air yang mengalir mulai dari Blok F, E, C, D dan A mengalirnya air hujan dan air limbah rumah tangga bermuara ke saluran ini, terus mengalir ke Malaka dekat Sekolah Al Manar, pungkas Kades Iwan.

Menurut warga Perum Taman Firdaus 1 Mardiah atau yang biasa disapa Bu Galon dan Esih yang ikut mendampingi Kades Cibarusah Kota Iwan Setiawan berkata, “Saya sangat mendukung Program Padat Karya Tunai yang dilaksanakan di wilayah Perumahan kami.

Di samping saluran bersih dan membuat jalannya air yang mengalir ke saluran ini menjadi lancar, karena setiap hujan deras di Perumahan Taman Firdaus 1 ini sering dilanda banjir apalagi Blok A terendam air hujan sampai setinggi lutut orang dewasa dan air yang banjir masuk ke dalam rumah, terangnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait