Loading

Syukuran Hasil Bumi Melimpah, Desa Karangmulya Gelar Hajat Bumi


Manah/Agus
14 Hari lalu, Dibaca : 108 kali


MANAH/AGUS/MEDIKOMONLINE.COM Foto : Acara Hajat Bumi atau Ruat Bumi Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu yang dilaksanakan, pada Minggu (28/4/2024).

BOJONGMANGU, Medikomonline.com - Sebagai bentuk syukuran kepada Alloh SWT atas hasil bumi yang melimpah di tahun ini, Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu menggelar acara Hajat Bumi atau Ruat Bumi, yang dilaksanakan di lingkungan Kantor Desa Karangmulya dan halaman Situ Abidin, pada Minggu (28/4/2024).

Sekretaris Desa Karangmulya Adjun Junaedi mengungkapkan, acara Hajat Bumi atau Ruat Bumi di Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu dilaksanakan setiap tahun. Sebagai bentuk syukuran kepada Alloh SWT, khususnya bagi masyarakat desa karangmulya yang telah diberikan kenikmatan berupa hasil bumi yang melimpah. 

"Alhamdulillah tahun ini Hajat Bumi dilaksanakan dengan sangat meriah, ditambah lagi masyarakat membawa hasil buminya kesini (kantor desa), dengan bentuk gunungan (Dongdang) dan tumpengan," ucap Adjun kepada awak media 

Lanjut Adjun, kalau tumpengan itu dibawa per satu RT dan satu gunungan atau Dongdang per Kepala Dusun (Kadus). Dan tadi pagi sudah dilaksanakan dengan lancar. Ia sebagai  pemerintah desa karangmulya sangat berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang antusias datang ke acara ini dan para awak media yang telah meliput acara ini. 

Sekali lagi Adjun katakan, bahwa acara ini dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk syukur kitai kepada Alloh SWT, atas Rizki yang melimpah, khususnya diberikan kepada masyarakat karangmulya. 

"Tadi itu siangnya hiburan arak-arakan sekaligus karnaval berupa gunungan disambung odong-odong dan malamnya nanti hiburan wayang golek dengan Ki dalang Wawan Dede Amung Sunarya dari Bandung," terangnya.

Dalam acara Hajat Bumi Desa Karangmulya tahun 2024 hadir Kepala Desa Karangmulya, Sekdes, perangkat desa, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, serta seluruh warga masyarakat Desa Karangmulya. (Manah/Agus)

Tag : No Tag

Berita Terkait