Loading

Ribuan Peserta Meriahkan Pawai Peringatan HUT ke-78 RI di Kecamatan Cibatu


Reporter: A Rohman
8 Bulan lalu, Dibaca : 200 kali


Pawai Peringatan HUT ke-78 RI di Kecamatan Cibatu

GARUT, medikomonline.comMenyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT) Ke-78 RI dirayakan dengan gebyar dan meriah di Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ribuan peserta dari berbagai lapisan masyarakat desa yang ada di kecamatan Cibatu antusias turut serta dalam Pawai Budaya, Rabu 16 Agustus 2023.

Acara yang diselenggarakan di kecamatan Cibatu ini disemarakkan oleh hampir seluruh warga masyarakat desa di kecamatan Cibatu serta para tokoh dari berbagai sektor, termasuk para pejabat Forkopincam Cibatu. Juga dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), paguyuban desa, Padepokan dan Seni Budaya dan Sekolah mulai TK, PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK. Semua turut berpartisipasi dalam pawai dengan rute Alun-alun Cibatu melewati Jalan Keresek kembali ke Alun-alun lagi.

Peserta pawai tampil memukau dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah, tak ketinggalan pula pakaian pahlawan dan pakaian profesional yang menjadi bagian dari seni budaya dan sejarah juga berbagai antraksi dari berbagai paguyuban seni dan padepokan, juga ciri khas rondon dan macam-macam kreasi. Adapun seni beberitan, sasapian dan surak ibra menjadi khas Cibatu, juga dihiasi atribut merah putih yang sangat mendominasi pawai, dengan ribuan bendera merah putih yang dikibarkan oleh peserta dan menghiasi rute pawai.

Setiap peserta membawa bendera merah putih kebanggaan bangsa kita, sebagai simbol yang mengingatkan pentingnya kemerdekaan yang diraih hasil perjuangan para pahlawan Indonesia, Antusias para peserta pawai juga terlihat memancarkan semangat nasionalisme juga rasa kebersamaan dalam merayakan hari bersejarah kali ini.

Pawai menyambut HUT ke 78 RI merupakan simbol rasa bangga terhadap semangat dan partisipasi masyarakat dalam menyambut dan merayakan HUT Bangsa ini. “Pawai Budaya yang sudah bertahun-tahun diselenggarakan dalam tiap Hari Kemerdekaan bukan hanya menjadi ajang untuk memperingati kemerdekaan, tetapi juga merajut tali persatuan dan kesatuan dalam keragaman budaya bangsa kita yang berdaulat, adil dan makmur.

Semoga Pawai Seni Budaya dan Atraksi dalam rangka HUT ke-78 RI ini sukses menjadi puncak perayaan yang memukau hingga menjadi motivasi semangat dan semarak seluruh peserta ke depannya dan menjadi simbol penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan bangsa tercinta ini karena NKRI harga mati. (A Rohman)


Tag : No Tag

Berita Terkait