Loading

Pemcam Bojongmangu Bina Anggota BPD, Agar Pahami Tupoksi


Penulis Manah
1 Tahun lalu, Dibaca : 232 kali


Camat Bojongmangu bersama Ketua Forum BPD, Kasi Pemerintahan saat memberikan arahan kepada peserta.


BEKASI, Medikomonline.com - Pemerintah Kecamatan Bojongmangu menggelar kegiatan pembinaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tingkat Kecamatan Bojongmangu tahun anggaran 2023, dengan tema Kegiatan Fasilitasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi BPD, di aula kecamatan, pada Kamis, (9/3/2023).

Camat Bojongmangu Agung Suganda, mengatakan, acara pembinaan dengan tema Kegiatan Fasilitasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi BPD, untuk meningkatkan pemahaman tugas dan fungsi BPD terkait penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa.

"Melalui kegiatan itu, anggota BPD diingatkan kembali akan tugas-tugasnya, bagaimana bersama dengan kepala desa misalnya terkait penyerapan aspirasi masyarakat dan pengesahan RAPBDes," ungkapnya.

Agung, juga berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua anggota BPD di Kecamatan Bojongmangu sehingga terjalin sinergitas yang baik antara BPD dan pemerintah desa.

Peserta pembinaan anggota BPD se Kecamatan Bojongmangu.


"Ya, adanya BPD dalam Pemerintahan desa dengan berbagai fungsi dan kewenangannya diharapkan mampu mewujudkan sistem check and balances dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa dan juga sebagai mitra Pemdes. Dengan adanya penyegaran ini, BPD akan meningkatkan kinerjanya dan berperan aktif dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintahan Desa," ungkapnya.

Ketua Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD) Ondang Donal menegaskan, kegiatan tersebut ditujukan pada pembuatan rancangan peraturan desa dalam pelaksanaan tugas dan fungsi (BPD) tahun anggaran 2023, dalam mendukung pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Kita tadi lebih membahas yang berkaitan dengan bagaimana cara pembuatan rancangan peraturan desa yang lebih teknis dalam pelaksanaan tugas dan fungsi (BPD) itu di lapangan, sehingga menjadi peraturan desa dan keputusan Kepala Desa," ujarnya.

Dirinya berharap, semua anggota BPD semakin optimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya agar rancangan peraturan desa dapat terselenggarakan secara maksimal.

"Tentunya dari hasil pembinaan ini anggota BPD, bisa mengimplementasikan secara menyeluruh supaya rancangan peraturan desa dapat dilaksanakan sesuai harapan," tutupnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait